Makassar (ANTARA) - Sedikitnya 120 orang siswa dari 24 sekolah di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Sulselbar) mengikuti kompetisi e-sport yang dilaksanakan di Makassar, Sulsel.

CEO Pandora Corp Herwin selaku pelaksana di Makassar, Jumat, mengemukakan bahwa giat ini digelar untuk meningkatkan ekosistem e-sport khususnya di kalangan pelajar, melahirkan pemain profesional serta dapat mengharumkan nama sekolah ataupun daerah masing-masing melalui Yamaha Supercup Esports Series 2024.

"Acara ini merupakan salah satu pertandingan e-sport pelajar terbesar tahun ini yang diselenggarakan secara offline di Kota Makassar dan diikuti oleh beberapa distrik lainnya di daerah Sulselbar," ujarnya.

Pertama kali digelar, ajang Yamaha Supercup Esports Series 2024 ini merupakan salah satu kegiatan kolaborasi antara Yamaha, Suraco Jaya Abadi Motor, dan Pandora Corp. Giat ini akan berlangsung di Mal Pipo Makassar pada Sabtu (2/3).

Sementara Shintia selaku Manager Promosi Suraco Jaya Abadi Motor menyebut bahwa alasan kompetisi s-sport terbesar ini digelar karena tingginya antusias masyarakat dari giat e-sport sebelumnya yang telah digelar, khususnya kaum remaja dalam mengikuti berbagai lomba serupa.

Maka dari itu peserta ini dipilih dari berbagai sekolah yang mewakili masing-masing daerahnya. Mereka sebelumnya telah melalui proses seleksi di tingkat kabupaten, sebelum ikut ke Makassar untuk memperebutkan juara e-sport Sulselbar.

"Kita menargetkan sekolah-sekolah karena kita ingin edukasi mereka. Edukasinya dua hal, bukan cuma sport tapi juga training, karena kita lihat sekolah-sekolah dan khususnya anak-anak muda itu memang memiliki minat. Apalagi edukasi mengenai e-sport di Indonesia masih kurang," urainya.

Para peserta akan memperebutkan hadiah total Rp50 juta dan berhak mendapatkan tropi bergilir pada kompetisi e-sport perdana se-Sulselbar ini.

Seorang siswa asal Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat bernama Dwi Andika mengaku bangga bisa mewakili daerahnya dalam ajang itu.

Dia telah menyiapkan bekal dengan latihan sekitar satu bulan untuk merebut juara di ajang ini.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024