Makassar (ANTARA) - Kepolisian Resort (Polres) Bone menggelar Apel Pasukan sebagai upaya memaksimalkan persiapan untuk Operasi Keselamatan Pallawa Tahun 2024 dan Aksi Keselamatan Jalan di Watampone, Bone, Sabtu.

Wakapolres Bone AKBP Sarifuddin melalui keterangannya di Makassar, Sabtu mengatakan, operasi ini merupakan bagian dari operasi harkamtibmas yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Operasi menekankan kegiatan promotif dan preventif dengan mendukung kegiatan penegakan hukum.

"Serta tindakan teguran simpatik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aturan lalu lintas," lanjutnya.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Wakapolres Bone, disebutkan bahwa Operasi Keselamatan Pallawa-2024 dan Aksi Keselamatan Jalan akan berlangsung selama 14 hari. Mulai 4 hingga 17 Maret 2024.

Syarifuddin dalam arahannya menyampaikan bahwa sasaran operasi meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran lalu lintas, dan kecelakaan.

Pada kesempatan ini, hadir Personel Polres Bone, Denpom XIV/1 Bone, Kodim 1407 Bone, Brimob Yon C Tenribetta, Satpol PP, Dishub, Dinas Damkar, Basarnas, BPBD, komunitas motor, driver ojek online, mahasiswa, serta gabungan pelajar SMP, SMA, dan SD.

Adapun lima prioritas pelanggaran yang menjadi fokus utama operasi ini, yaitu; pertama, kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4 yang menggunakan knalpot tidak sesuai dengan standar pabrikan. Selanjutnya kendaraan bermotor yang tidak memenuhi standar pabrikan, seperti menambah panjang rangka atau merubah spesifikasi, serta kendaraan barang yang over dimensi dan over loading.

Kemudian, kendaraan pribadi yang menggunakan sirine, rotator, dan/atau strobo tanpa izin resmi. Lalu, TNKB kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau spesifikasi. Serta pengemudi atau pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI.

Diketahui, operasi dan aksi keselamatan jalan ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap aturan lalu lintas, serta untuk mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan yang terjadi di jalan raya.

Semua pihak yang terlibat dalam operasi ini diharapkan dapat bekerja sama dan berkontribusi aktif untuk menciptakan lingkungan lalu lintas yang lebih aman dan tertib bagi seluruh masyarakat.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024