Makassar (ANTARA) - Universitas Hasanuddin (Unhas) kembali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) di Makassar, 12-17 Mei 2024.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM(K), di Makassar, Minggu, mengatakan pihaknya telah menggelar sosialisasi bersama Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) dalam menyukseskan kegiatan tersebut.

“Unhas siap menyambut finalis di kampus Unhas, sembari mengeksplor Makassar dan sekitarnya. Semoga seluruh tahapan bisa berjalan lancar dan sampai bertemu di Unhas Makassar,” katanya.

Prof Ruslin menjelaskan Unhas sebagai tuan rumah telah berkomitmen menyukseskan salah satu ajang talenta Puspresnas itu.

Ia juga berharap ONMIPA-PT yang kali ini mengangkat tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi”, bisa meningkatkan motivasi dan memperluas wawasan di bidang MIPA serta menjadi ajang berkolaborasi.

Sementara Kepala BPTI Asep Sukmayadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor Unhas beserta jajarannya yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan ONMIPA-PT 2024 yang rencananya akan diselenggarakan pada pertengahan Mei 2024.

“Kepada seluruh peserta, persiapkan diri dengan baik, kalah menang adalah bagian dari kompetisi, yang paling penting kita berani berkompetisi. Ini juga akan menjadi bekal pengalaman dalam meretas masa depan yang cemerlang,” ujarnya.

Pada kegiatan sosialisasi yang digelar diikuti kurang lebih 900 orang peserta. Para peserta sosialisasi diberikan penjelasan mengenai tahapan pelaksanaan, persyaratan, mekanisme seleksi, juri hingga pendanaan ONMIPA-PT.

Di Unhas sendiri, telah dilakukan seleksi internal dan telah dipilih masing-masing 10 mahasiswa untuk bidang studi kimia, biologi dan fisika, serta 11 mahasiswa untuk bidang studi matematika. Selanjutnya akan diseleksi menjadi lima besar untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024