Makassar (ANTARA) - Sejumlah kepala daerah di Sulawesi Selatan menyambut syukur dan dengan rasa bangga Penghargaan Adipura 2023 di Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa.

Bupati Maros HAS Chaidir Syam dalam keterangannya di Makassar mengatakan ini merupakan Penghargaan Adipura yang kedelapan untuk Kabupaten Maros.

"Sebuah catatan apik dan membanggakan bagi kita semua dan sudah sepatutnya untuk terus kita pertahankan dan kita tingkatkan. Tak lupa saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas dukungan dari berbagai elemen atas pencapaian ini,” tutur Bupati.

Wakil Bupati Maros Suhartina Bohari mengaku prestasi yang telah diraih ini merupakan hasil upaya kolaboratif antara seluruh pihak terkait, baik itu pemerintah daerah, masyarakat, para pemerhati lingkungan dan unsur-unsur lainnya.

"Karenanya, kita tidak harus jumawa dalam hal ini. Mari kita senantiasa menjaga kelestarian lingkungan hidup dan menjadikan pola hidup bersih dan sehat sebagai bagian dari budaya kita," ujarnya.

Penjabat (Pj) Bupati Sidrap, Basra, yang hadir langsung menerima penghargaan menyatakan rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja bersama sehingga Piala Adipura bisa dipertahankan.

Pangkajene Sidenreng yang merupakan ibukota Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) berhasil mempertahankan Piala Adipura kategori Kota Kecil tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI.

“Prestasi ini dicapai berkat kerja keras jajaran pemerintah serta dukungan segenap elemen masyarakat. Semoga bisa dipertahankan dan ditingkatkan,” ujar Basra.

Bupati Barru, Suardi Saleh, mengaku bersyukur kembali memperoleh Piala Adipura kategori Kota Kecil yang merupakan penghargaan di bidang pengelolaan persampahan bagi Pemerintah Kabupaten Barru dan seluruh masyarakat Kabupaten Barru.

Dengan diperolehnya penghargaan berupa Piala Adipura, kata dia, tentunya lebih menegaskan komitmen Pemerintah Kabupaten Barru dalam pengelolaan lingkungan termasuk pengelolaan sampah.

Bupati dua periode ini mengatakan bahwa penghargaan ini tercapai berkat dukungan dari semua pihak dan seluruh masyarakat Kabupaten Barru.

“Penghargaan ini tidak terlepas dari dukungan, kerja keras dan peran serta semua pihak, baik pemerintah kabupaten maupun seluruh masyarakat sehingga Kabupaten Barru kembali meraih penghargaan ini, semoga pencapaian ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan”, tuturnya.

Hal senada diucapkan Pj Wali Kota Palopo Asrul Sani, yang menyampaikan kebanggaannya atas raihan Piala Adipura kali ini.

Asrul menyampaikan, capaian Adipura yang kesembilan kalinya ini bukanlah hal yang mudah dan harus terus dipertahankan.

"Ini menjadi harapan kita semua, mempertahankan prestasi ini. Kita harus menjaga lingkungan kota, dan kebersihan kota ini," jelasnya.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024