Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar pesta rakyat sebagai wujud syukur atas Pemilu yang sukses digelar di Kantor Gubernur Sulsel dan Pantai Losari Makassar selama dua hari (4-5 Maret 2024).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Sulawesi Selatan Muhammad Saleh di Makassar, Selasa, mengatakan pesta rakyat ini menampilkan beragam seni tradisional dan kebudayaan untuk dapat memberikan manfaat ekonomi, melalui pertunjukan, festival dan kegiatan ekonomi kreatif lainnya.

Hal ini juga sebagai upaya untuk terus mendukung dan menjaga kelestarian seni dan budaya lokal untuk memperkaya identitas budaya bangsa.

"Kami juga menggelar tauziah dan doa atas keamanan dan kelancaran selama Pemilu serentak 2024," kata dia di sela-sela silaturahmi antara Apdesi dengan Polda dan Pemprov Sulsel.

Kemudian digelar pula pementasan seni tradisional, pameran produk UMKM, festival jajanan tradisional dan penyerahan sertifikat penghargaan Apdesi 2024.

Pesta Rakyat ini juga diisi dengan kegiatan penandatangan perjanjian kerja sama (PKS) antara Polda dan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi).

Selain Pesta Rakyat, sebagai bentuk rasa syukur atas pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Sulsel berjalan aman dan damai, Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin dan Kapolda Irjen Pol Andi Rian R Djajadi bersilaturahmi dengan Apdesi Sulsel.

"Silaturahmi ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur atas terselenggaranya Pilpres dan Pileg Tahun 2024. Diharapkan, setelah pelaksanaan kegiatan, makin menguatkan silaturahmi sebagai modal utama dalam melaksanakan pembangunan," ujar Saleh.

Ketua Apdesi Sulsel Sri Rahayu Husni mengajak kepala desa untuk mendukung visi misi gubernur dan bersinergi.

"Insya Allah ke depan, kami Asosiasi Pemerintah Desa, kami kepala desa, perangkat desa dan BPD siap ikut serta menyukseskan dan mengawal dengan baik visi misi pemerintah," tambahnya.

Sementara, Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi menyampaikan salah satu tahapan Pemilu serentak sudah dilewati bersama. Patut disyukuri dan perlu disepakati secara bersama, proses pesta demokrasi harus terselenggara dengan aman dan kondusif.

"Alhamdulillah Sulawesi Selatan bisa melalui ini dalam situasi yang relatif aman dan kondusif sampai saat ini. Sekarang Polda Sulsel fokus untuk mengamankan proses pleno provinsi yang sedang berlangsung," kata Kapolda.

Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengharapkan kolaborasi dan sinergi untuk tetap dipertahankan.

Bahtiar menyampaikan bahwa pemerintah terbuka menerima ide dan masukan serta kritikan dalam membangun Sulsel.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024