Makassar (ANTARA) - Bupati Pangkajene Kepulauan (Pangkep) Muhammad Yusran Lalogau (MYL) mengatakan penghargaan Adipura 2023 yang diraih Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan,  dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia merupakan kerjasama semua pihak.

Hal tersebut diungkapkan Bupati MYL usai menerima Piala Adipura 2023 kategori kota kecil yang diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan  Aule Dohong di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta, Selasa (5/3).

Piala Adipura merupakan penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

Menurut MYL, perangkat daerah, instansi vertikal, perusahaan swasta, perusahaan Pemerintah dan lapisan masyarakat telah berperan aktif untuk menjaga kebersihan lingkungan masing masing.

"Dan khususnya untuk tenaga kebersihan terimakasih dan penghargaan yang setinggi tingginya saya ucapkan, karena telah menjalankan tugasnya dengan penuh kesungguhan walaupun dalam berbagai keterbatasan. Insyaallah kedepannya secara bertahap kita akan membenahi segala hal yang akan menjadikan kabupaten kita menjadi bersih dan hebat, "katanya.

MYL menambahkan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah melalui program Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Program Jumpaberlian yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat dan melibatkan seluruh lapisan masyarakat.

Pengadaan angkutan gerobak tiga roda untuk pengangkutan sampah, yang sampai saat ini sudah beejumlah 120 unit. dan juga pengadaan kontainer sampah ditiap kelurahan/desa sebagai tempat penampungan sampah sebelum diangkut oleh armada ke TPA.

"banyak lagi yang pemerintah telah upayakan  seperti pengolahan akhir sampah di TPA secara "sanitary  landfill". Puncaknya kabupaten kita telah berhasil membangun Plant  BADRIAH yang bertujuan mengurangi volume sampah yang akan dibawa ke TPA, melalui proses pengolahan sampah menjadi bahan bakar(RDF) hal tersebut menjadikan nilai tambah untuk pendapatan asli daerah kita," jelas MYL.

Kepala DLH Pangkep Thamrin menambahkan penghargaan Adipura 2023 yang ke-10 kali kepada Kabupaten Pangkep.

Menurut dia, Piala Adipura tahun ini sangat ditunjang oleh kehadiran Inovasi Bupati Pangkep Plant BADRIAH.

"Teknologi pengelolaan sampah yang menjadikan bahan bakar memberikan dampak yang sangat signifikan dalam mengurangi jumlah sampah yang dikirim ke TPA yang tahun  2024 ini direncanakan menjadi acuan utama untuk memperoleh predikat Adipura, " jelasnya.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024