Mamuju (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyiapkan lahan seluas tujuh hektar untuk membangun depo Pertamina di kawasan Pelabuhan Palipi Kabupaten Majene.

Kepala Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulbar, Muhammad Ali Candra, di Mamuju, Rabu, mengatakan, kawasan Pelabuhan Palipi Kabupaten Majene sangat strategis untuk menjadi lokasi pembangun depo Pertamina.

Ia mengatakan, terdapat lahan seluas tujuh hektare di Pelabuhan Palipi Kabupaten Majene yang siap menjadi lokasi pembangunan depo Pertamina.

"PT Pertamina Retail telah menyatakan akan membangun depo Pertamina sebagai infrastruktur energi, untuk mendukung dan memperlancar aktivitas ekonomi dan transportasi masyarakat Sulbar," katanya.

Menurut dia, Pelabuhan Palipi yang menjadi aset Pemprov Sulbar, sangat strategis membangun depo Pertamina, karena berada di jalur Trans Sulawesi yang ramai lalu lintas.

"Dengan dibangunnya depo Pertamina tersebut maka ketersediaan BBM, akan semakin mencukupi kebutuhan ekonomi masyarakat diseluruh wilayah Sulbar," katanya.

Ia juga mengatakan, pembangunan sektor energi dengan membangun depo Pertamina juga untuk mendukung Sulbar merupakan daerah penyangga ibukota negara baru (IKN) dipulau Kalimantan.

"Pemprov Sulbar juga berupaya membangun infrastruktur energi berupa depo Pertamina tersebut juga untuk meningkatkan ekonomi melalui industri daerah," katanya.
 

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024