Makassar (ANTARA) - Pelindo Jasa Maritim menyediakan kuota Program Commuter Gratis bersama BUMN untuk dua rute di Sulawesi Selatan yaitu Makassar - Palopo dan Makassar - Bulukumba.

PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM), salah satu subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo Group kembali menggelar program Mudik Gratis tahun ini, kata
Sekretaris Perusahaan SPJMTubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar di Makassar, Sabtu.

Dikatakannya, khusus kuota mudik gratis wilayah Sulsel telah disiapkan dua jalur tujuan yakni Makassar - Palopo dan Makassar - Bulukumba dengan titik start dari Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

Menurut dia. Program mudik gratis yang diselenggarakan SPJM pada tanggal 4 April 2024 ini merupakan bagian dari Program Commuter Gratis bersama BUMN dan Pelindo Group merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan.

Patrick mengatakan, tahun ini SPJM akan menyediakan 270 kursi untuk rute Makassar - Palopo. Sedangkan untuk rute tujuan Makassar - Bulukumba disediakan 30 kursi.

Komuter adalah masyarakat yang turun di Pelabuhan Makassar dan masyarakat umum yang akan pulang ke kampung halamannya di Palopo dan Bulukumba, serta beberapa kecamatan yang dilalui bus.

Palopo merupakan kabupaten yang mengarah ke utara, berjarak lebih dari 370 km dari Makassar dan biasanya ditempuh dalam waktu kurang lebih 9 hingga 10 jam.

Beberapa kabupaten yang dilewati sebelum mencapai Palopo adalah Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, dan Sidrap.

Sedangkan Bulukumba merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ujung selatan Pulau Sulawesi dengan jarak sekitar 164 km dari Makassar. Umumnya menempuh perjalanan dalam 5 jam.

“Kami menyediakan bus yang nyaman untuk digunakan selama mudik. Setiap penumpang juga akan mendapatkan nasi takaran, takjil, minuman sebagai bekal dalam perjalanan,” kata Patrick.

Sehubungan dengan itu, calon pemudik yang ingin memanfaatkan kuota gratis ini diminta segera mendaftar melalui link yang tersebar di media sosial SPJM antara lain di Instagram SPJM @pelindomaritim.

Selanjutnya calon pemudik dapat memindai barcode atau kode batang yang akan mengarahkannya ke nomor kontak sesuai rute yang dipilih nantinya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024