Makassar (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengagendakan rilis sedekah 20 ribu pohon di Kabupaten Bone bertepatan Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah.
 
Sedekah pohon ini merupakan inovasi Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin untuk menunjukkan pentingnya menjaga dan memelihara lingkungan.
 
"Agar alam indah ini bisa tetap dinikmati dan dimanfaatkan oleh anak cucu kita, maka akan dilaksanakan 'sedekah pohon'," ujar Bahtiar di Makassar, Selasa.
 
Nantinya, pada sedekah pohon ini yang dibagikan ialah pohon buah (produktif). Sehingga pohon tersebut tidak hanya berfungsi untuk konservasi, tetapi juga bernilai ekonomis. Sekaligus mengajarkan masyarakat untuk berbagi tanaman dan membiasakan menanam buah.
 
Giat ini menjadi rangkaian malam Nuzulul Quran yang dipusatkan di Kabupaten Bone. Malam Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Kitab Suci Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW di Gua Hira yang bertepatan 17 Ramadan.
 
Kegiatan sosial ini akan dilaksanakan di Lapangan Merdeka Watampone dan sekitarnya, di depan Rumah Dinas Bupati Bone, dengan target 10 ribu lebih warga hadir.
 
Program ini mengajak masyarakat untuk meningkatkan ibadah sosial di Bulan Ramadan yang berhubungan dengan interaksi manusia dalam kehidupan sosial seperti menjalin hubungan baik dan membantu sesama.
 
"Bulan ini kami bersama bupati dan wali kota membuat gerakan sederhana, gerakan sosial yang kami sebut Sulawesi Selatan Ramadan 1445 Hijriah Berbagi Bahagia," kata Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.
 
Sehingga, masyarakat juga diharapkan untuk turut berpartisipasi menyumbangkan makanan dan minumannya.
 
"Apapun bentuknya, kalau takjilnya sebutir kurma kita bagi dengan orang sekitar. Insyaallah ini jika dilakukan kebersamaan ini sebagai masyarakat Sulsel dan Islam menjadi benar-benar rahmatan lil alamin," kata dia.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024