Makassar (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pangkep beraudiensi dengan PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Makassar Utara membahas program Super Sun untuk peningkatan pelayanan dan instalasi listrik di wilayah kepulauan Pangkep.

Audiensi dihadiri Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau (MYL),  organisasi perangkat daerah (OPD) terkait,  camat dan kepala desa wilayah kepulauan Pangkep, Manager PLN UP3 Makassar Utara beserta jajarannya  di Aula Rujab Bupati Pangkep, Sulawesi Selatan, Rabu (20/3).

Super sun merupakan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) yang telah dimodifikasi dan dapat ditempatkan di rumah.

Bupati MYL  mengatakan Super sun ini merupakan program dari PLN, dan pada tahap awal akan fokus ke fasilitas umum dan kesehatan.

"Tahap awal super sun akan diutamakan pada fasilitas umum seperti di kantor camat, lurah, desa dan juga pada fasilitas kesehatan selanjutnya masuk ke sekolah,"  kata MYL.

Dia menambahkan program ini  bisa memperlihatkan bahwa ada suatu program dari PLN untuk masyarakat kepulauan.

"Jadi nanti masyarakat dapat melihat program ini di fasilitas-fasilitas umum, disampaikan saja kepada masyarakat kalau berkenan silahkan dikonfirmasi kepada pemerintah setempat desa/keluruhan agar dapat diusulkan ke PLN untuk mendapatkan program ini, " tambahnya.

Sementara itu, Manager PLN UP3 Makassar Utara Alexander J Manuhua menyampaikan Super Sun program pemerintah melalui PLN melistriki wilayah pulau yang belum menikmati listrik.

Super Sun suatu perangkat listrik yang bervariasi sesuai kapasitas daya mulai  450 VA, 900 hingga 1300 VA.

"Super Sun suatu program peningkatan rasio elektrifikasi dan peningkatan rasio desa berlistrik merupakan bagian program pemerintah dan PLN agar masyarakat bisa menikmati listrik," katanya.

Menurutnya, tahap awal sebanyak 20 akan  siap dikirim. dan terkait pemasangan, PLN melakukan  koordinasi dengan Pemkab Pangkep.

Setelah audiensi dan berdikusi dilakukan penandatangan kesepakatan bersama pajak barang dan jas tertentu (PBJT) atas tenaga listrik antara Pemkab pangkep dengan PT. PLN Persero UP3 Makassar Utara yang dilakukan Bupati Pangkep MYL dengan Manager PLN UP3 Makassar Utara Alexander J Manuhua.(*/Inf)

Pewarta : Darim
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024