Jakarta (ANTARA) - Pebalap Aprilia Racing, Maverick Vinales sempat ragu untuk finis karena mengalami kendala teknis pada girboks yang tidak berfungsi normal dengan sisa enam lap pada balapan Grand Prix MotoGP Amerika.

Vinales akhirnya keluar sebagai yang tercepat usai jatuhnya pebalap Gresini Racing, Marc Marquez, yang sedang memimpin di sepuluh lap terakhir.

“Dari lap keenam saya sudah tahu ada yang salah dengan girboksnya. Saya kehilangan banyak waktu di lintasan lurus… Namun, saya senang karena saya tahu saya sudah mengerahkan kemampuan saya seratus persen,” kata Vinales dikutip dari website Aprilia Racing, Senin.

"Akhir pekan ini tim kami mengambil langkah maju yang besar. Kami mendapatkan kembali kecepatan kami dan kami menunjukkan bahwa motor RS-GP24 bisa menang. Sekarang kami akan menuju sirkuit di Austin, trek yang saya sukai dan di mana saya akan tiba dengan lebih termotivasi. dari sebelumnya,” imbuh pembalap asal Spanyol itu.

Vinales finis dengan catatan waktu 41 menit 9,503 detik unggul dari pebalap Red Bull Gasgas Tech3, Pedro Acosta yang mengunci posisi kedua. Sedangkan podium terakhir ditempati pebalap Ducati Lenovo, Ernea Bastianini.

Kemudian di posisi keempat ada pembalap Prima Pramac Racing, Jorge Martin dan posisi kelima ditempati juara bertahan, pembalap Ducati Lenovo, Francesco "Pecco" Bagnaia.

Kemenangan tersebut membuat Vinales menjadi satu-satunya pebalap yang menjadi juara bersama tim berbeda setelah sebelumnya pernah menjadi juara bersama tim Suzuki dan Yamaha.

Dengan kemenangan tersebut, Vinales kini memanaskan perebutan gelar juara MotoGP dengan finis ketiga setelah mengumpulkan 56 poin atau selisih tiga poin dari Enea Bastianini yang berada di posisi kedua. Sementara itu, puncak klasemen sementara masih ditempati oleh Jorge Martin yang mengoleksi 80 poin.

Dilansir dari laman MotoGP, Senin, berikut peringkat sementara sepuluh besar pebalap MotoGP 2024:

1. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) - 80 poin
2. Enea Bastianini (Ducati Lenovo) - 59 poin
3. Maverick Vinales (Aprilia Racing) - 56 poin
4. Pedro Acosta (Red Bull Gasgas Tech 3) - 54 poin
5. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) - 50 poin
6. Brad Binder (Red Bull KTM) - 49 poin
7. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) - 39 poin
8. Marc Marquez (Gresini Racing) - 36 poin
9. Fabio Di Giannantonio (Pertamina Enduru VR 46) - 25 poin
10. Jack Miller (Red Bull KTM) - 22 poin
 
 

Pewarta : Fajar Satriyo
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024