Makassar (ANTARA) - Kapal Motor (KM) Bukit Siguntang yang mengangkut sebanyak 1.076 penumpang arus balik pemudik dari NTT tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar pada hari kelima atau H+5 lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah masa pelayanan penumpang arus balik warga usai mudik ke kampung halamannya.  

General Manajer PT Pelni Cabang Makassar Muhammad Jabir di Makassar Senin mengatakan, arus balik di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar mulai ramai dengan sandarnya KM Bukit Siguntang usai berlayar dari Maumere Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengangkut 1.076 penumpang.

"Untuk H+5 arus balik usai lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah ini, ada 1.076 penumpang asal Maumere yang tiba di Makassar," katanya.

Muhammad Jabir menjelaskan, KM Bukit Siguntang itu setelah menurunkan penumpang dari Maumere Nusa Tenggara Timur kemudian melanjutkan perjalanan menuju Balikpapan Kalimantan Timur.

Ia menyebutkan, arus balik pemudik menggunakan angkutan laut di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar mulai mengalami peningkatan.

Kepadatan arus balik pemudik itu terlihat mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya saat kapal Pelni KM Bukit Siguntang itu sandar pada pagi hari dan mulai berlayar lagi pada sore harinya.

"Pada H+5 arus balik adalah hari terakhir cuti lebaran dan menjadi puncak arus balik. Untuk dua hari selanjutnya juga penumpang masih akan ramai hingga H+10 lebaran," katanya.

Ia mengatakan, pada H+7 dan H+10 arus balik lebaran, sejumlah kapal dengan rute Pulau Jawa-Indonesia Bagian Timur baru akan sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Selain itu, pada H+5 lebaran juga dua kapal telah sandar di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, yakni KM Umsini dari Surabaya tujuan Maumere Nusa Tenggara Timur, dan kapal kedua KM Bukit Siguntang asal Maumere NTT dengan rute tujuan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024