Makassar (ANTARA Sulsel) - Pelari andalan Sulawesi Selatan Lisnawati Illang dipanggil masuk pemusatan latihan nasional di Jakarta untuk persiapan menghadapi SEA Games Singapura 2015.

Pelatih Atletik Sulsel Abdul Kadir, di Makassar, Rabu, mengatakan pemanggilan Lisnawati merupakan sebuah kebanggaan.

Pihaknya berharap atlet program "Sulsel Maju II" itu bisa fokus sehingga kelak terpilih memperkuat Indonesia pada ajang dua tahunan tersebut.

"Lisnawati sudah bergabung dalam pelatnas di Jakarta beberapa hari lalu. Kami tentu merasa bangga dan bersyukur bisa turut menyumbangkan atlet terbaik ke pelatnas," katanya.

Mengenai pemanggilan Lisnawati itu, menurut Abdul Kadir, merupakan hal yang wajar, mengingat atlet tersebut peraih dua medali emas Kejurnas Senior 2013.

Lisnawati juga sempat dipercaya memperkuat Indonesia pada Kejuaraan "6th Asian Indoor Athletics Championships" di Hangzho, China, 15-16 Februari 2014.

Soal peluang menembus tim utama SEA Games 2015, dirinya yang cukup mengetahui potensi yang dmiliki atletnya tersebut mengaku cukup besar. Lisna juga memiliki modal setelah mampu menempati peringkat empat pada kejuaraan Asia di China 2014.

Lisna juga hasil meraih medali emas Kejuaraan Antar-Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) 2012 serta perak pada Pekan Olahraga Mahasiswa (Pomnas) Yogyakarta 2013.

Karena itu, berbagai pihak diharapkan dapat memberikan motivasi lebih untuk bisa besaing merebut satu posisi di timnas.

Atlet PPLM Sulsel itu telah membuktikan kualitasnya dengan merebut dua medali emas kejuaraan nasional atletik senior di Gelanggang Olahraga (GOR) Rawamangun, Jakarta Timur, September 2013.

"Untuk nomor 800 meter putri, saya kira dia masih salah satu yang terbaik. Namun kita juga minta agar Lisna bisa tetap konsisten dan terus fokus meningkatkan kemampuannya selama mengikuti pelatnas," katanya.

Menghadapi SEA Games XXVIII Singapura, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memanggil sebanyak 35 atlet dari berbagai daerah. Atlet yang dipromosikan ke pelatnas sebagian besar merupakan atlet usia muda.

Selain Pelatnas SEA Games 2015, PB PASI juga memanggil lima atlet untuk masuk Pelatnas Asian Games XVII yang akan berlangsung di Incheon, Korsel 19 September hingga 4 Oktober 2014.

Para atlet yang diajukan ke Korsel adalah atlet peraih medali emas di SEA Games XXVII Myanmar, Desember 2013.

Atlet tersebut yakni Triyaningsih yang merupaan peraih medali emas nomor 10.000 meter putri SEA Games XXVII Myanmar.

Adapun Rini Budiarti (nomor lari 3.000 meter steeplechase), Dedeh Erawati untuk nomor lari 100 meter gawang putri, Maria Natalia Londa nomor lompat jauh dan Hendro nomor jalan cepat 20 km. T Susilo

Pewarta : Oleh Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024