Mamuju (ANTARA) - Sebanyak 527 calon haji Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat siap diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Polewali Mandar Imran K Kesa di Polewali Mandar, Sabtu, mengatakan sebanyak 527 calon haji itu, dibagi dalam tiga kelompok terbang (kloter), yakni Kloter 9 sebanyak 171 orang, Kloter 22 sebanyak 76 orang dan Kloter 24 sebanyak 280 orang.

"Petugas yang terdapat dalam satu kloter, yaitu terdiri dari, ketua kloter, pembimbing calon jamaah haji, petugas medis dan petugas haji daerah (PHD)," kata Imran.

Sebanyak 528 calon haji itu, kata Imran, telah mengikuti bimbingan manasik haji regular pertemuan II tingkat Kabupaten Polewali Mandar 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.

Kantor Kemenag Polewali Mandar, kata Imran, telah 10 kali menyelenggarakan manasik haji, dua kali di antaranya dilaksanakan pada tingkat kabupaten dan delapan kali terlaksana di tingkat kecamatan.

"Saya berharap, manasik haji tahun ini dapat memberikan ilmu tata cara berhaji secara tertib dan sesuai dengan syariat agama," ujar Imran.

Sementara, Penjabat Bupati Polewali Mandar Ilham Borahima menyampaikan, sebanyak 527 calon haji yang dibagi dalam tiga kelompok terbang itu mulai diberangkatkan pada 17, 26 dan 28 Mei 2024.

Jumlah calon jamaah haji Polewali Mandar tersebut, kata Ilham Borahima, merupakan kuota haji terbanyak di Provinsi Sulbar.

"Jadi untuk di Sulbar, Kabupaten Polewali Mandar mendapatkan kuota terbanyak pada pelaksanaan musim hujan tahun ini," kata Ilham Borahima.

Penjabat Bupati Polewali Mandar itu juga mengingatkan kepada para calon jamaah haji agar menjaga martabat dan nama baik Polewali Mandar, menjaga kesehatan dengan makan makanan bergizi, terutama kepada calon jamaah haji lanjut usia.

Kepada para petugas haji,.khususnya petugas kesehatan, Ilham Borahima juga meminta agar fokus bekerja dalam melayani para calon jamaah haji.

"Saya menitipkan pesan kepada calon jamaah haji untuk menjaga kesehatan dan menjaga nama baik Polewali Mandar selama melaksanakan ibadah haji sampai kembali ke kampung halaman," terang Ilham Borahima.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024