Makassar (ANTARA) - Masyarakat Kecamatan Bangkala, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan menyatakan mendukung pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Punagaya-Bantaeng.

"Hal itu terungkap pada kegiatan sosialisasi proyek PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Sulawesi melalui Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Selatan (UPP Sulsel) di Jeneponto," kata Manager PLN UPP Sulawesi Selatan, Edy Roy A Sidabutar dalam keterangan persnya di Makassar, Senin.

Berkaitan dengan hal tersebut, lanjut dia, pihaknya telah mengadakan sosialisasi pengumuman hasil nilai ganti rugi dari Kantor Jasa Penilai Publik untuk keperluan pembangunan tapak tower Proyek Strategis Nasional (PSN) Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Punagaya-Bantaeng.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu prosedur dalam tahapan pembayaran ganti kerugian pembebasan lahan yang ditujukan bagi masyarakat, pemerintah setempat, pemilik lahan dan pihak terkait lainnya yang bersentuhan langsung dengan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut

Sementara kegiatan ini juga merupakan bentuk transparansi dalam proses penetapan nilai dan bentuk ganti kewajaran sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan pada di Kantor Camat Bangkala Kabupaten Jeneponto ini dihadiri oleh masyarakat yang berhak menerima ganti rugi, pemerintah setempat dan stakeholder terkait di antaranya Kapolsek Bangkala Iptu Kaharuddin, Danramil 1425 Jeneponto Kapten Sahabuddin, Kasidatun Kejari Jeneponto Abi Zikri serta Sekertaris Camat Bangkala H Kamiruddin.

Salah seorang masyarakat Bangkala, H Mulyadi Mustamu alias Karaeng Tinggi yang juga Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan menyatakan dukungannya atas pembangunan proyek ketenagalistrikan di Kabupaten Jeneponto khususnya di Kecamatan Bangkala.

“Kami sangat mendukung rangkaian kegiatan Proyek Strategis Nasional Pembangunan SUTT 150 kV Punagaya – Bantaeng yang saat ini masih dalam tahap prakonstruksi dan juga nantinya pada tahap konstruksi," ujarnya.

Sementara itu, Manager PLN UPP Sulawesi Selatan, Edy Roy mengemukakan rencana pembangunan 29 tower yang tersebar di 3 Kelurahan di Kecamatan Bangkala.

“Proyek pembangunan SUTT 150KV Punagaya-Bantaeng ini rencananya akan dibangun total 190 tapak tower di Kabupaten Jeneponto dan untuk di Kecamatan Bangkala sendiri akan dibangun 29 tower di 3 kelurahan yakni Kelurahan Bontorannu, Punagaya, dan Mallaroso, karena itu kami meminta dukungan masyarakat setempat demi lancarnya pengadaan PSN di sektor penerangan ini,” katanya.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024