Mamuju (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) pamerkan kerajinan tenun pada acara pameran produk kerajinan tangan nasional di Kota Solo Jawa Tengah.

Sekertaris Dekranasda Provinsi Sulbar, Faisal Thamrin, di Mamuju, Jumat, mengatakan, Ibu Presiden RI Iriana Jokowi dan Ibu Wapres Hj Wury Ma'ruf menyatakan kekagumannya saat menyaksikan kain tenun saat mengunjungi stand pameran produk milik Dekranasda Sulbar di Kota Solo.

Ia mengatakan, tiga kain tenun Sulbar yang dipamerkan di kota Solo dalam rangka memperingati hari Dekranasda kd 44 yakni kain tenun ikat sekomandi yang terdapat di Kecamatan Kalumpang Kabupaten Mamuju.

Kemudian kain tenun sutera mandar yang terdapat di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dan kain tenun sambu Kabupaten Mamasa.

"Kain tenung Sulbar tampak alami dan masih tradisional sehingga sangat menarik dan membuat ibu Presiden dan ibu wapres dan semua orang terkesima," katanya.

Ia mengatakan, Dekranasda Sulbar mengikuti pameran produk kerajinan tangan tersebut, sebagai bentuk komitmen untuk membantu mengembangkan usaha kerajinan tangan masyarakat di Sulbar.

"Pelaku usaha kerajinan tangan di Sulbar juga dibantu dalam memasarkan hasil usahanya, sehingga acara pameran produk tersebut merupakan peluang dan kesempatan yang dimanfaatkan untuk melakukan promosi," katanya.

Ia mengatakan, Dekranasda Sulbar dan Koperindag Sulbar serta Bank Perwakilan Sulbar juga relah bekerjasama memberikan pelatihan agar seluruh usaha kerajinan tangan di Sulbar dipasarkan secara online.

"Pelaku kerajinan tangan telah diberikan pelatihan mengenai pemasaran hasil kerajinan tangan secara online melalui website dan media sosial, agar dikenal lebih luas, ke seluruh wilayah Indonesia bahkan keseluruh dunia," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024