Makassar (ANTARA Sulsel) - Sejumlah mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN) tematik pemilihan umum (Pemilu) bertekad untuk berkontribusi dalam Pemilu 9 April dengan menekankan pengurangan angka golongan putih (Golput).

"Tingkat golput di Makassar itu masih sangat tinggi dan kami semua yang tergabung dalam KKN tematik Pemilu ini bertekad untuk menekan angka pemilu nanti pada 9 Aril," jelas Koordinator KKN Tematik Pemilu, Nurdiansyah di Makassar, Selasa.

Para mahasiswa KKN Tematik Universitas Hasanuddin (Unhas) itu memulainya dengan menggelar seminar program kerja tingkat Kota Makassar di Balaikota Makassar.

Dalam seminar yang dihadiri 137 mahasiswa berbagai jurusan dari Unhas bersama perwakilan kelurahan dan kecamatan se Kota Makassar, Nurdiansyah mengungkapkan tujuan dari program kerja mereka yakni untuk meningkatkan partisipasi peserta pemilu, khususnya di Kota Makassar.

"Tingkat golput untuk wilayah Makassar masih cukup tinggi jika melihat jumlah peserta pemilu yang aktif pada pemilu 2009 yang lalu, begitupun saat Pilgub dan Pilwali, sehingga mahasiswa Unhas melalui program kerja ini mencoba melakukan beberapa terobosan dan juga sosialisasi yang diharapkan mampu mengurangi golput di kota Makassar pada pemilu 9 April mendatang," katanya.

Sementara Supervisor Dr Jayadi Nas saat memberi sambutan sekaligus membuka acara seminar menyarankan kepada mahasiswa agar dalam penyusunan program kerja menyelaraskan dengan program kerja yang ada di kecamatan, kelurahanan, KPU, bawaslu, demi kelancaran dan suksesnya pemilu.

"Keberhasilan program kerja bukan dilihat dari bombastisnya program tersebut, tetapi program kerja yang luar biasa adalah program kerja yang dilaksanakan dan mendapatkan hasil yang baik," ungkapnya.

Selain itu, Jayadi pun menekankan agar porgram kerja nantinya yang dijalankan dapat benar-benar dirasakan oleh masyarakat Makassar hingga di lorong-lorong.

"Kalau hanya berupa kampanye di jalan-jalan besar tentu tidak efektif, karena kebanyakan pemilih tinggal di lorong-lorong, berdayakan dan berikan penjelasan mengapa mereka harus ikut memilih dan semoga hasil dari program KKN mahasiswa unhas kali ini benar-benar dapat terlihat hasilnya," ucapnya. FC Kuen

Pewarta : Oleh Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024