Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan (Sulsel), Muh Saleh mengajak masyarakat untuk bangkit dari bencana banjir dan tanah longsor yang menerjang daerah itu.

Muh Saleh dalam keterangannya yang diterima di Makassar, Minggu, mengatakan saat ini bertepatan satu bulan tragedi banjir dan tanah longsor yang mengakibatkan belasan warga meninggal dan kerugian yang tidak sedikit akibat bencana tersebut.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan, turut menggelar kegiatan Senam Bersama masyarakat Kabupaten Luwu yang dikemas dalam acara Car Free Day (CFD) dalam momentum sebulan pascabencana alam tersebut.

"Hari ini genap satu bulan musibah banjir dan tanah longsor yang melanda Kabupaten Luwu. Kami berharap kegiatan ini menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Luwu," ucap Muh Saleh.

Untuk bangkit menuju Luwu Bahagia, Muh Saleh mengajak seluruh komponen pemerintah dan masyarakat untuk berkolaborasi mempererat sinergisitas membangun Kabupaten Luwu.

"Ini ujian dari Allah, kita harus bangkit dan bahagia. Mari kita benahi bersama Kabupaten Luwu wanua mappatuo na ewai alena (Siapapun Datang di Tana Luwu ini, Insya Allah akan mendapatkan kesejahteraan)," ujarnya. 

Usai kegiatan olahraga bersama, Dinas Kesehatan bersama UTD RSUD Batara Guru menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah. Kemudian Dinas Ketahanan Pangan melakukan Gerakan Pangan Murah.

Sementara itu melalui Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian juga melibatkan para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam kegiatan ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.


Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024