Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 5,1 telah terjadi di Loloda Kepulauan, Maluku Utara, Minggu sekitar pukul 16.22 WIB.

Sistem peringatan dini pada aplikasi infoBMKG yang dipantau di Jakarta, Minggu menginformasikan, titik koordinat gempa berada pada 2,02 Lintang Utara (LU), 127,71 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 222 kilometer.

Sedangkan pusat gempa berada di laut 60 kilometer barat laut Halmahera Utara / 30 kilometer barat laut Pulau Doi, Maluku Utara.

BMKG belum melaporkan secara rinci terkait pemicu dan dampak gempa terhadap masyarakat, termasuk potensi tsunami atau tidak.

Namun masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang belum dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, hingga hasil analisis komprehensif terhadap peristiwa tersebut dilaporkan secara resmi oleh BMKG.

Hasil analisa resmi biasanya diperoleh masyarakat dengan mengakses aplikasi online infoBMKG, berbagai akun media sosial infoBMKG, atau bisa langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. online infoBMKG, berbagai akun media sosial infoBMKG, atau bisa langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

 

Pewarta : M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024