Makassar (ANTARA) -
PT PLN melalui Unit Induk Distribusi (UID) Sulawesi Selatan, Sulaeesi Tenggara dan Sulawesi Barat menggelar bersih-bersih pantai dan tanam pohon untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia yang jatuh pada setiap 5 Juni.
 
"Giat ini untuk memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang mana PLN UID Sulselrabar memusatkan kegiatan di Pantai Barombong, wilayah ujung Selatan Makassar," kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch Andy Adchaminoerdin di Makassar, Rabu.
 
Sedikitnya 400 orang turut serta dalam giat bersih-bersih pantai yang dilaksanakan di Pantai Barombong, Makassar, Rabu. Selain karyawan PLN, turut hadir komunitas pegiat sampah dan masyarakat setempat.
 
Mereka berjalan menyusuri bibir pantai sepanjang 500 meter, memunguti sampah-sampah anorganik dan sampah jenis kayu yang banyak ditemukan di pantai ini.
 
"Jika pantai ini lebih terawat maka akan menjadi destinasi yang indah dan potensial ke depan. Apalagi dimanfaatkan untuk tempat terapi bagi masyarakat lanjut usia," tambah Andy.
 
Selain melaksanakan bersih-bersih pantai, PLN UID Sulselrabar juga melakukan penanaman 200 bibit pohon. Sebanyak 50 bibit pohon gaharu ditanam langsung di area pantai, sebanyak 50 bibit pohon jeruk dan 100 bibit pohon lengkeng dibagikan ke masyarakat.
 
Giat ini juga diwarnai dengan penyaluran bantuan berupa 50 paket bahan pokok kepada warga Barombong. Ada pula pemberian alat kebersihan untuk mendukung kebersihan lingkungan di pantai barombong.
 
"Mudah-mudahan program kami melalui paket peduli gerakan lingkungan hidup ini bisa membantu khususnya masyarakat Barombong dan juga memberikan kontribusi lebih positif agar Pantai Barombong ini bisa lebih baik, lebih bersih dan lebih banyak pengunjungnya," urai Andy.
 
Pada kesempatan yang sama, pihak PLN juga melakukan pemberdayaan masyarakat dengan menggelar Workshop Pengolahan Sampah bersama Rappo Indonesia. Aksi penanaman pohon oleh PLN UID Sulselrabar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang digelar di Barombong, Makassar, Rabu (5/06/2024). ANTARA/Nur Suhra Wardyah

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024