Mamuju (ANTARA Sulbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene, Sulawesi Barat, menyatakan telah melakukan proses distribusi surat pemberitahuan kepada pemilih jelang hari pencoblosan pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2014.

"Menghadapi hari pencoblosan maka KPU Majene pun telah mendistribusikan surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih berupa formulir C6. Formulir tersebut dibagikan oleh petugas KPPS pada wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing," kata Anggota KPU Majene Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Surakhmat, di Mamuju, Minggu.

Menurut dia, semua pemilih, baik yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) maupun Daftar Pemilih Khusus (DPK) akan mendapatkan formulir C6 tersebut.

"Pada hari pelaksanaan pemilu nanti, setiap pemilih wajib mendatangi TPS dengan memperlihatkan formulir C6 kepada petugas KPPS. Namun apabila terdapat pemilih yang tidak membawa C6, baik karena lupa, hilang atau tidak menerima C6 dari KPPS, maka pemilih akan tetap dilayani hak pilihnya. Sepanjang terdaftar sebagai pemilih pada DPT, DPTb atau DPK," kata Surakhmat.

Dia menyampaikan, jika formulir C6 tidak dibawa serta saat ke TPS, petugas KPPS akan meminta KTP pemilih yang bersangkutan untuk mencocokkan identitasnya dengan DPT, DPTb atau DPK yang ada di TPS.

"Fungsi C6 adalah bukan sebagai syarat memilih. Tetapi sebagai pemberitahuan pemungutan suara sehingga pemilih yang tidak mendapatkan C6 pun tetap boleh memilih sepanjang memenuhi syarat," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berharap agar tidak ada pemilih yang tidak mendapatkan C6.

Terhadap hal itu, ia menegaskan kepada seluruh petugas KPPS agar menyampaikan C6 kepada seluruh pemilih di wilayahnya.

"Jika pun pemilih yang bersangkutan tidak berada di rumah pada saat C6 diantarkan, tetap dapat dititip pada anggota keluarganya. Untuk diketahui, setiap C6 yang dibagikan akan dilengkapi dengan tanda terima sebagai pegangan bagi KPPS bahwa C6 tersebut telah diserahkan," ujarnya.

Dia menegaskan, adapun bagi pemilih yang telah meninggal dunia forumulir C6 nya takkan dibagikan untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. FC Kuen

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024