Makassar (ANTARA) - Sebanyak 408 atlet Sulawesi Selatan menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai bagian dari persiapan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh-Sumatera Utara pada September.

"Kami dari tim kesehatan telah melakukan pemeriksaan, yang pertama adalah tes endurance, daya tahan jantung dan paru," kata Ketua Tim Klinik Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Muhammad Thahir di Makassar, Senin.

Pemeriksaan kesehatan atlet tersebut dilaksanakan di klinik Kantor KONI Sulsel pada 8-11 Juni. Tes kesehatan ini dilakukan oleh atlet yang sudah dinyatakan lolos masuk ke PON Aceh-Sumut 2024.

"Ini kita utamakan karena di sinilah pokok utama dari atlet keberhasilannya selama latihan, apa bagus atau tidak. Karena dalam tes daya tahan, endurance, itu ada beberapa faktor. Selanjutnya adalah tahap pemeriksaan postur," papar Thahir yang juga ahli fisioterapi itu.

Thahir mengemukakan, langkah pemeriksaan kesehatan ditujukan untuk memastikan para atlet dalam kondisi prima sebelum berlaga di PON 2024.

Ketua KONI Sulsel Yasir Machmud saat memantau pemeriksaan kesehatan menuturkan pemeriksaan kesehatan sangat penting dilakukan.

"Tes kesehatan ini adalah syarat untuk mengetahui kondisi kesehatan atlet yang akan berlaga pada September. Harapan kita semua, atlet Sulsel bisa mendapatkan prestasi," tutur Yasir didampingi jajaran pengurus KONI Sulsel.

Ia menambahkan, kesehatan maupun kebugaran stamina atlet adalah faktor utama untuk mencapai performa terbaik saat mengikuti PON 2024.

Pemeriksaan ini, kata dia, bagian dari upaya KONI Sulsel untuk mempersiapkan atlet secara maksimal serta memastikan atlet dalam kondisi terbaiknya saat menghadapi kompetisi nasional empat tahun sekali tersebut.

Pemeriksaan kesehatan menyeluruh ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi dan menangani masalah kesehatan yang mungkin dihadapi para atlet.

Dengan perhatian penuh terhadap kesehatan atlet, Yasir berharap seluruh atlet Sulsel dapat meraih prestasi gemilang pada PON XXI di Aceh dan Medan tahun ini.

Usai pemeriksaan kesehatan, akan dilanjutkan tes fisik oleh tim binpres dan tim monev yang telah dibentuk KONI Sulsel, diagendakan pada 12-15 Juni.

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024