Makassar (ANTARA) -
Presiden Joko Widodo kembali melaksanakan kurban di Sulawesi Selatan dan kali ini sapi Presiden seberat 1 ton dengan jenis limousin akan disembelih di Tanete Riattang, Kabupaten Bone.
 
"Sapi kurban dari Bapak Presiden akan dipotong di daerah Bone. Pihak Sekretariat Negara sudah finalisasi dan menetapkan sapi yang akan jadi hewan kurban," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel Nurlina Saking di Makassar, Rabu.
 
Terkait harga sapi kurban Presiden, Nurlina mengaku tidak mengetahui secara pasti, namun ia memperkirakan mencapai Rp80 juta lebih.
 
Terkait Idul Adha yang akan diwarnai dengan penyembelihan hewan kurban, Nurlina menyebut pihaknya telah melakukan sosialisasi terkait aktivitas pemotongan.
 
Lebih dari itu, pihak Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel juga melakukan pembekalan terkait pemotongan hewan kurban secara halal dan thoyyib untuk 1.000 takmir masjid.
 
Sementara mengenai kesehatan hewan, Nurlina menegaskan bahwa itu sangat penting, sebab tidak sedikit hewan ternak terlihat sehat padahal sedang sakit.
 
Dia juga memastikan bahwa Dinas Peternakan di berbagai daerah telah turun ke masyarakat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan telah membekalinya dengan surat keterangan sehat.
 
"Semua sudah bergerak dan pastikan mendapat surat keterangan sehat untuk setiap hewan kurban di kabupaten/kota yang disiapkan untuk Idul Adha," ujarnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024