Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar terpilih Mohammad Ramdhan Pomanto berharap agar Pemilihan Legislatif Rabu 9 April 2014 ini bisa berkualitas dibanding Pemilu lalu.

"Saya berharap agar Pemilu ini lebih berkualitas dari sebelumnya. Untuk segi penyelenggaraan Pemilu sudah baik dan tertib dimana masyarakat sudah sadar dan peduli, salah satunya adalah alat peraga yang sudah bersih di jalan-jalan," katanya usai mencoblos di TPS 14 Maricayya Makassar, Rabu.

Kepada wartawan, Danny mengatakan, yang terpenting adalah pasca rekapitulasi perhitungan suara di TPS agar para caleg yang tidak terpilih sebaiknya legowo dan berfikir jernih mungkin tuhan belum memberikan rezkinya kepada mereka dan masih ada kesempatan mendatang.

"Nah ini yang perlu di berikan support, saya yakin rekan-rekan caleg yang tidak lolos bisa bersabar dan menahan diri, karena harus diakui bahwa jauh lebih besar rasa kekalahan dibandingkan kemenangan itu, ini yang harus dipegang. Selain itu diharapkan berita yang baik dimunculkan media untuk lebih menghibur mereka," ucapnya.

Mengenai dengan kinerja penyelenggara, kata dia, sejauh ini sangat baik dan sudah berjalan dengan normal, tertib dan teratur bahkan baliho pun tidak terlihat menghiasi jalan-jalan dan lorong-lorong saat pencoblosan berlangsung.

Hanya saja ada oknum yang sering memainkan peranan diluar aturan yang ada pada Undang-undang pemilu, sehingga bermunculan kecurangan di mana-mana. Akan tetapi partisispasi pemilih saat ini, menurut dia, sudah berjalan demokratis.

"Kami berharap pada pemilu kali ini penyelengga lebih netral dan tidak bermain sebab ada aturan dan amanah yang mereka emban dan itu menjadi tanggung jawab mereka dunia akhirat. Sejauh ini pemilu berjalan baik yang saya lihat," paparnya.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin menegaskan, sejauh ini belaum ada ditemukan penyelenggara ditingkat PPS dan PPK yang bermain termasuk keluhan kelengkapan surat suara.

Kendati ada masalah tertukarnya kertas suara di beberapa TPS, ujar dia, hal itu adalah kesalahan teknis dan segera diperbaiki.

Mengenai dengan proses Pemilu Legislatif, kata Ketua DPD I Demokrat Sulsel ini mengakui ada beberapa oknum caleg yang memberlakuan pembagian sembako yang tidak mendidik masyarakat.

"Kami sadar itulah yang terjadi, tapi inilah pembelajaran politik di masyakat yang harus di perbaiki agar tidak terulang pada masa pemilu mendatang,:" tandasnya. Agus Setiawan

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024