Mamuju Utara, (Antara Sulbar) - Tim Community Development Officer (CDO) PT Suryaraya Lestari 1, grup dari PT Astra Agro Lestari, bekerjasama dengan SMKN 5 Mamuju Utara, Sulawesi Barat, melakukan kegiatan training motivasi kepada siswa kelas X.

Community Development Officer (CDO) PT Suryaraya Lestari 1, Wawan Dinawan, Kamis, mengatakan pelatihan diisi oleh tim CDO PT Suryaraya Lestari 1 yang membahas motivasi belajar dan mengenai alasan-alasan belajar.

Selain memberikan motivasi mengenai hal yang mendorong belajar, ujar dia, pelatihan ini mendorong siswa untuk mencintai dan merasa senang untuk menenekuni bidang studi yang mereka ambil yakni komputer dan pertambangan.

CDO juga meminta siswa untuk tidak hanya belajar dalam kelas namun juga banyak melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat diluar jam sekolah seperti OSIS, Pramuka dan lain sebagainya.

"Belajar adalah sarana meningkatkan derajat kita sekaligus sarana memberi manfaat bagi orang lain. Mereka yang tidak belajar kemungkinan memberi manfaat lebih besar lebih sedikit," ujar Wawan Dinawan.

Dia mengatakan motivasi belajar ini penting sebab mereka adalah penerus generasi di wilayah Sarudu, Dapurang, dan Doripoku di Mamuju Utara, yang akan membawa wilayah ini menjadi wilayah yang lebih maju dan berdaya saing kedepannya.

"Cita-cita harus dibangun dan semangat harus dipertahankan terus menerus. Oleh karena itu melakukan pelatihan sejenis dan intensitas pertemuan harus dilanjutkan," katanya.

Pelatihan juga diisi dengan games-games yang menarik antusias peserta pelatihan. Games yang diberikan merangsang rasa ingin tahu dan kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah pada games.

Acara yang diselingi dengan pemutaran film-film pendek dengan sarat makna yang mengajarkan peserta untuk "breaking the limit", tidak terfokus pada masalah dalam belajar, memanfaatkan seluruh potensi yang ada baik fisik, akal, maupun mental, serta terus belajar dan berlatih walaupun tahu satu menit lagi akan meninggal.

"Saya berterima kasih kepada PT Suryaraya Lestari yang mau membina siswa-siswa kami. Harapan saya, kegiatan ini terus berlangsung paling tidak 1 pekan sekali, kami akan atur waktunya agar semua siswa bisa terus mengikuti kegiatan ini sampai selesai," ujar Kepala SMKN 5 Mamuju Utara, Mujiburahman.

Melihat potensi SDA dan SDM yang ada di Wilayah Sarudu dan sekitarnya, ujar dia, bukan tidak mungkin dikembangkan Agribisnis Club bagi para siswa agar kedepan mereka bisa membangun wilayahnya berbasis petanian dengan lebih maju.






Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024