Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Sub bidang Kespol Bidang Dokter dan Kesehatan ( Bidokkes) Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Barat Ajun Komisaris Besar dr Purwanta mengatakan, ditemukan penyakit degeneratif di lingkungan kepolisian.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan Dokkes Polda di Makassar dan Parepare, penyakit yang diderita oleh personil kepolisian karena faktor degeneratif (penuaan umur) seperti jantung, kolesterol, mata dan penurunan fisik," kata Purwanta di sela-sela pemeriksaan kesehatan personil Kepolisian Resort Pinrang, Rabu.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukakan terhadap personil kepolisian di wilayah kerja Polda Sulselbar saat ini, lanjut dia, merupakan salah satu tugas pokok dari Bidokkes yang rutin dan berkala dilakukan setiap tahunnya.

Dia mengatakan, tujuan pengecekan secara dini terhadap personil Bhayangkara untuk mengetahui kondisi personil dan menjaga kesehatan personil kepolisian di jajaran Polda Sulawesi Selatan dan Barat dalam menjalankan tugas di wilayah kerja masing masing .

Adapun pemeriksaan personil kepolisian meliputi fisik, berat badan, mata, gigi dan fisik lainnya, termasuk pemeriksaan internis ( dalam) dengan rontgen, EKG dan laboratorium lainnya.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resort Pinrang Ajun Komisaris Besar Heri Tri Maryadi mengatakan, selain pemerikaan fisik, seluruh personil kepolisian jajaran Polres Kabupaten Pinrang, juga menjalani tes urine.

"Itu untuk mengetahui apakah anggota mengkomsumsi narkoba dalam menjalankan tugas atau tidak," katanya.

Namun dari hasil pemeriksaan tersebut, belum ada personil kepolisian resort Pinrang yang terdeteksi menggunakan barang haram itu.

Pemeriksaan kesehatan ini, lanjut dia, tidak hanya meliputi pemeriksaan fisik (jasmani), namun juga psikologi yang diwajibkan kepada seluruh personil kepolisian yang bertugas di wilayah kerja Polres Pinrang. Pemeriksaan ini berkala di lakukan oleh Dokkes Polda untuk mengetahui kesehatan personil kepolisian. Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024