Makassar (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan(Sulsel) membuka ruang suara bagi organisasi perempuan untuk memberikan masukan maupun saran agar tahapan pemilihan Pilkada serentak 2024 agar berjalan lebih inklusif dan adil dalam proses berdemokrasi.

"Keterlibatan perempuan dalam proses pemilu sangat krusial. Pelibatan perwakilan berbagai organisasi perempuan, lembaga keagamaan, dan komunitas, harapan kami dapat memperoleh masukan dalam memperkuat pengawasan, pencegahan potensi kerawanan pemilihan," kata Anggota Bawaslu Sulsel Saiful Jihad di Makassar, Sabtu.

Upaya pelibatan organisasi perempuan ini, kata dia, merupakan bagian dari komitmen Bawaslu Sulsel guna menciptakan Pemilu yang inklusif dan representatif.

"Kami sebelumnya sudah mengundang perwakilan media, LSM atau NGO dari masyarakat untuk memastikan bahwa suara perempuan didengar dan diakomodasi dengan baik dalam setiap tahapan pemilu," paparnya.

Masukan dari berbagai elemen perempuan, menurut Saiful menambahkan, sangat penting dalam memetakan kerawanan sekaligus mencari solusi yang lebih efektif,.

"Kami berkomitmen untuk terus mendengarkan dan melibatkan perempuan dalam setiap tahapan. Mari kita bersama-sama menciptakan Pemilihan ini lebih baik dan lebih berkeadilan," kata pria disapa akrab Ipul ini menekankan.

Sebelumnya, kegiatan Bawaslu Menyapa Pemilih Perempuan berlangsung di Hotel Swiss Belinn Panakukang dihadiri perwakilan dari berbagai organisasi perempuan, lembaga keagamaan, dan komunitas yang aktif dalam isu-isu pemilu dan demokrasi.

Para peserta berdiskusi secara mendalam tentang berbagai tantangan yang mungkin dihadapi dalam pemilu mendatang serta memberikan rekomendasi untuk mengatasi potensi kerawanan, termasuk isu-isu keamanan, partisipasi, dan perlindungan hak-hak pemilih perempuan.

Bawaslu Sulsel berharap kegiatan tersebut dapat memperkuat kolaborasi dengan berbagai elemen masyarakat, terutama perempuan, untuk memastikan pemilu 2024 berjalan dengan lancar, adil, dan bebas dari segala bentuk kecurangan.
 

Pewarta : M Darwin Fatir
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024