Kendari (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, mengembangkan konsep kawasan rumah pangan lestasi di daerah itu untuk mewujudkan kemandirian pangan.

Wali Kota Kendari, Asrun, di Kendari, Kamis, mengatakan konsep tersebut dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan di Kota Kendari.

"Caranya adalah melaksanakan pemberdayaan pekarangan untuk menyediakan kebutuhan pangan dan gizi keluarga melalui konsep kawasan rumah pangan lestari," katanya.

Menurut dia, konsep tersebut mulai diterapkan di kawasan Kampung Mandiri Energi yang berada di sekitar Tempat Pembuangan Akhir Sampah Puuwatu Kendari.

"Kampung mandiri energi ini terdiri 100 rumah keluarga yang bermata pencaharian pemulung dan petugas kebersihan Kendari. Pemerintah akan memberdayakan mereka untuk memanfaatkan pekarangan yang ada," kata Asrun.

Melalui pekarangan yang ada katanya, bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis sumber pangan lokal seperti ubi kayu, dan jagung yang bisa menunjang kehidupan keluarga.

"Artinya, jangan ada pekarangan yang dibiarkan kosong tanpa tanaman. Kita dorong warga agar yang ditanam itu adalah berbagai sumber pangan lokal," katanya. B.S. Hadi

Pewarta : Suparman
Editor :
Copyright © ANTARA 2024