Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, telah mempersiapkan usulan anggaran untuk pembangunan ruas jalan yang menghubungkan daerah Salubatu-Mambi, Kabupaten Mamasa hingga perbatasan Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

"Usulan program ini akan kita ajukan pada kegiatan Musrembang Nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini di Jakarta,"kata Kepala Bappeda Sulbar, Ir.H.Agussalim Tamaodjoe di Mamuju, Jum`at.

Menurutnya, penuntasan jalan strategis nasional pada Ruas Salubatu - Mambi - Malabo - Mamasa hingga Tana Toraja sepanjang 122,54 km membutuhkan anggaran sebesar Rp.754 Milyar.

"Tahun ini pemerintah pusat telah mengalokasikan anggaran pembangunan rusa jalan Salubatu, Mamasa, sebesar Rp50 milyar melalui dana Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) Tahun 2014,"katanya.

Agussalim menyampaikan, usulan kegiatan itu juga telah sesuai dengan program kerja yang tertuang dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

Karena itu kata dia, pemerintah pusat diharapkan ikut membantu dalam mendukung peningkatan infrastruktur di wilayah Kabupaten Mamasa.

Penanganan infrastruktur jalan ke Mamasa menjadi penting dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat sekaligus mendukung program Destinasi Wisata di daerah itu.

Saat ini, kondisi ruas jalan sepanjang 122,54 kilometer itu kondisinya masih rusak parah karena tanahnya masih labil.

"Pembangunan jalan di wilayah itu dirintis sejak 2009 silam. Kini kondisinya sangat parah karena sepanjang jalan dipenuhi kubangan dan badan jalan yang amblas sehingga rawan kecelakaan lalu lintas," katanya. M Yusuf

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024