Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun dermaga ketiga di Pelabuhan Belang Belang Mamuju Provinsi Sulawesi Barat sebagai pelabuhan kontainer.

Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, di Mamuju, Jumat mengatakan, tahun 2014 ini mulai akan dibangun dermaga ketiga di Pelabuhan Belang Belang Mamuju.

Ia mengatakan, untuk mewujudkan pembangunan dermaga ketiga pelabuhan Mamuju maka telah disiapkan sekitar Rp160 juta anggaran APBN dari pemerintah pusat untuk pembangunannya.

Menurut dia, pelabuhan Belang Belang Mamuju saat ini memiliki dua dermaga dengan kapasitas 1000 ton selain itu memiliki dua unit gudang penampungan barang dengan luas lahan lima hektare.

"Pelabuhan Belang Belang Mamuju telah menjadi pelabuhan bongkar muat barang potensi daerah ini, untuk memaksimalkan perdagangan di jalur laut memaksimalkan pembangunan ekonomi," katanya.

Oleh karena itu ia mengatakan, pemerintah kembali akan membangun dermaga III yang akan disiapkan untuk pembangunan pelabuhan peti kemas.

"Akan semakin tertampung kekayaan daerah ini untuk didistribusikan dan diperdagangkan keluar daerah, sebagai aktivitas ekonomi," katanya.

Ia mengatakan, pelabuhan Belang Belang sangat strategis karena berhadapan dengan selat Makassar dan berada di tengah pulau Sulawesi. Ini menyebabkan pelabuhan tersebut dapat menjadi pintu masuk perdagangan barang di kawasan Indonesia Timur sehingga perlu terus dikembangkan. Nurul H

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024