Makassar (ANTARA Sulsel) - Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan Alimuddin menjadi calon anggota DPRD Sulsel yang berhasil mengumpulkan suara terbanyak di daerah pemilihan (Dapil) Sulsel-IV.

"Suara terbanyak itu dikumpulkan oleh Caleg PDIP Alimuddin dari Dapil Sulsel-IV. Alimuddin mengumpulkan sebanyak 21.056 suara," ujar Direktur Eksekutif Fokus Pemilu St Nusra Azis di Makassar, Minggu.

Ia mengatakan, suara yang didulang itu meliputi tiga kabupaten yakni Bantaeng, Jeneponto dan Selayar. Dari tiga kabupaten itu, Jeneponto merupakan basisnya mendulang suara di antara kabupaten lainnya.

Alimuddin meraih dukungan pribadi sebanyak 21.056 suara jauh meninggalkan caleg lainnya baik diinternal PDIP maupun caleg dari 11 parpol peserta pemilu legislatif lainnya.

Meski meraih suara terbanyak, namun PDIP menempati posisi keempat peraih tujuh kursi yang tersedia. Untuk akumulasi suara di dapil tersebut, Golkar masih mendominasi meski partai penguasa ini dipastikan hanya mendapat jatah satu kursi.

"Meski mendulang suara terbanyak, PDIP tetap saja hanya meloloskan satu caleg. Itupun, Alimuddin berada di urutan keempat. Caleg Golkar masih menempati urutan pertama," katanya.

Nuzrah Azis mengungkapkan bahwa kesulitan Golkar meraih suara untuk dua kursi seperti pada pemilu sebelumnya disebabkan beberapa hal seperti visi partai yang tidak menyentuh langsung kepada masyarakat.

Pada pemilu sekarang ini juga yang hanya diikuti oleh 12 parpol nasional, jauh berbeda dengan pemilihan umum 2009 melibatkan banyak parpol yang menjadi kontestan, strategi caleg yang diusung parpol juga menjadi indikatornya.

Selain itu, Nursrah mengungkapkan bila dari tujuh caleg yang lolos ternyata cukup fenomenal nomor urut juga cukup menarik. Lima dari tujug caleg yang lolos mendapat nomor urut 1, sementara dua caleg yang lolos menempati nomor urut 4.

Sedangkan untuk partai masih dimenangkan oleh Partai Golkar dengan mengumpulkan 57.175 suara, diikuti Partai Demokrat meraih 48.531 suara sertai Partai Gerindra menghimpun 36.494 suara. T Susilo

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024