Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Selatan menyatakan telah membentuk tiga pengurus cabang (Pencab) baru tahun ini masing-masing FPTI Wajo, Jeneponto dan Toraja Utara.

Ketua FPTI Sulsel Baco Ahmad di Makassar, Selasa, mengatakan pembentukan pencab diseluruh kabupaten/kota di Sulsel agar pembinaan cabang olahraga panjat tebing semakin berkembang. Pihaknya juga berharap muncul banyak atlet daerah yang bisa memperkuat Sulsel baik ditingkat nasional hingga internasional.

"Saat ini jumlahnya sudah mencapai 20 pencab. Kami juga terus berkomitmen membentuk kepengurusan disetiap daerah. Keberadaan pengcab memang penting guna mengakomodir atlet yang memang memiliki keinginan menjadi atlet panjat tebing," jelasnya.

Untuk tiga pencab yang baru terbentuk di 2014, kata dia, memang belum bisa berpartisipasi pada Pekan Olahraga Daerah (Porda) XV Bantaeng, 9 September 2014. Namun pihaknya berharap pada pelaksanaan Porda berikutnya sudah bisa berpartisipasi.

Menurut dia, terbentuknya tiga kepengurusan baru akan membuat persaingan di Porda 2018 semakin ketat. Pihaknya juga berharap bisa mendapatkan lebih banyak atlet yang dapat memperkuat Sulsel di sejumlah kejuaraan.

"Namun untuk agenda kejuaraan daerah tentu sudah bisa berpartisipasi. Kami juga melihat tiga daerah ini memiliki potensi untuk melahirkan atlet berbakat yang mampu mengharumkan nama Sulsel kedepan," katanya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, menyatakan pihaknya mengapresiasi komitmen Pengprov FPTI Sulsel dalam mengembangkan cabang olahraga panjat tebing.

KONI Sulsel juga meminta pencab yang baru terbentuk bisa lebih fokus dalam pembinaan. Sebab tidak mungkin atlet dari daerah yang bersangkutan justru bisa memberikan prestasi maksimal khususnya di Pekan Olahraga Nasional (PON) Jabar 2016.

Selain itu, menurut Mantan Sekum KONI Sulsel itu, panjat tebing memang menjadi salah satu cabang olahraga yang cukup diandalkan merebut medali di ajang olahraga terbesar di Indonesia tersebut.

"Sulsel menargetkan 50 medali emas di PON Jabar 2016. Dari 50 medali itu tentu kita harapkan juga dari cabang panjat tebing yang sejauh ini cukup membanggakan," ujarnya. Yuniardi

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024