Mamuju (ANTARA Sulbar) - Calon legislatif (caleg) Partai Gerindra, Munandar yang juga anak bupati Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat, tercatat sebagai peraih suara terbanyak pada pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) 9 April 2014.

"Baru saja kita melaksanakan rapat pleno rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara pemilihan anggota DPR, DPD dan DPRD tingkat provinsi. Hasilnya, anak bupati Mamasa meraup suara signifikan dengan suara melampaui angka Bilangan Pembagi Pemilih (BPP)," kata Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuria dalam rapat pleno di Baruga Srikandi Mamuju, Rabu.

Menurut dia, perolehan suara Munandar yang ikut bertarung memperebutkan enam kursi DPRD Sulbar sangat menguntungkan partai Gerindra.

"Total suara partai Gerindra mencapai angka 27.714 dari 97.541 suara sah. Dengan begitu, selain Munandar maka seorang caleg Gerindra Mamasa lainnya, Sudirman Darius juga mengisi kursi keempat dari enam kursi di DPRD Sulbar periode 2014-2019," katanya.

Dominasi perolehan partai Gerindra di Mamasa kata dia, juga ikut megalahkan partai Golkar dengan torehan 23.518 suara atau berada pada urutan kedua.

Meski demikian, partai berlambang pohon beringin di Mamasa juga menempatkan dua kadernya yakni Sahara yang juga istri kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sulbar, bersama Muhammad Yamin yang juga adik kandung gubernur Sulbar.

Sementara posisi kursi ketiga kata dia, direbut politisi Caleg Demokrat Mamasa, Ir.Yaahuda dengan akumulasi dukungan 15.388 suara dan kursi kelima direbut caleg Partai Persatuan Pembangunan, Sadrah Taluak dengan akumulasi suara 9.501 suara.

"Hanya empat parpol di Mamasa yang sanggup mengirimkan kadernya ke DPRD Sulbar. Sementara delapan parpol lainnya dianyatakan tidak lolos," katanya.  Kaswir 

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024