Makassar (ANTARA Sulsel) - Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar menggelar aneka lomba menjelang peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

"Kegiatan ini dalam rangkaian peringatan Hardiknas Kopertis IX 2014 yang diselenggarakan UVRI Makassar," kata Ketua Panitia Kopertis IX 2014 Dr Hj Andi Niniek Fariaty Lantara di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, seluruh kegiatan dalam rangka memperingati Hardiknas yang jatuh 2 Mei akan dilaksanakan pada beberapa hari yang berbeda mulai 25 April - 2 Mei 2014.

Khusus pada 25 April 2014, lanjut dia, akan dilaksanakan senam kolosal, lomba tarik tambang, lomba lari karung, dan lomba lari kelereng. Semua kegiatan tersebut akan dipusatkan di Kampus II Antang UVRI Makassar.

"Kegiatan ini akan diramaikan tidak hanya dari kalangan civitas Akademika UVRI Makassar, tetapi semua Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di lingkup wilayah Kopertis IX akan diundang. Kegiatan ini tidak hanya diperuntukkan, tetapi melibatkan partisipasi mahasiswa," katanya.

Sementara jumlah peserta yang berpartisipasi sekitar 500 orang untuk memeriahkan perlombaan yang akan diberikan doorprize.

Pada 30 April 2014, kegiatan berlanjut dalam bentuk bakti sosial berupa ziarah makam dan donor darah. Ziarah makam dilakukan di Taman Makam Pahlawan di Panaikang.

"Donor darah akan dibantu oleh STIK YAPMA Makassar dalam hal penyediaan kantong darah dan perawat. Kami akan siapkan sekitar 100 kantong darah," ujar Niniek.

Khusus donor darah akan dilaksanakan di Kampus II UVRI Antang, sedang gerak jalan santai di lapangan Karebosi akan dilaksanakan 1 Mei 2014 yang memperebutkan piala bergilir kordinator Kopertis IX Sulawesi.

Kegiatan itu tidak hanya diikuti oleh dosen dan mahasiswa, tetapu juga akan diikuti bupati dan walikota di lingkup Sulawesi Selatan.

"Sudah ada beberapa bupati yang berminat untuk ikut gerak jalan santai ini, kami lagi menuggu kordinasi dari gubernur, semoga beliau juga bisa ikut berpartisipasi pada gerak jalan santai ini," ujar HM Aris Pangerang selaku kordinator panitia bidang humas dan publikasi.

Target peserta, kata Aris sekitar 2.000 orang dengan rute mengambil beberapa titik jalan di kota Makassar. Gerak jalan santai ini turut diramaikan marching band dari AMI Veteran oleh 500 siswa AMI Veteran yang akan memparadekan "marching band".

Pada puncak kegiatan akan digelar upacara peringatan Hardiknas yang dipusatkan di Growth Centre Kopertis IX Sulawesi. Pada saat itu dilakukan pemberian penghargaan kepada keluarga besar Kopertis IX yang dinilai telah memberikan pengabdian yang luar biasa. FC Kuen

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024