Makassar (ANTARA Sulsel) - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulsel meraih 63 kursi DPRD kabupaten/kota di Sulsel atau naik dibanding Pemilu legislatif 2009 yang hanya meraih 48 kursi.

"Ini diketahui dari hasil pleno KPUD kabupaten/kota se-Sulsel yang mencatat PKS mengamankan 63 kursi DPDR kabupaten/kota di Sulsel," kata Tim Media PKS Sulsel Munawir Syam di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, partai bernomor urut 3 ini berhasil "pecah telur" di beberapa daerah di Sulsel diantaranya Kota Palopo, Bulukumba dan Selayar. Khusus Kota Palopo mendapat satu kursi, Bulukumba dan Selayar masing-masing mendapatkan tiga kursi.

Menurut dia, PKS Sulsel juga berhasil merebut empat kursi pimpinan DPRD diantaranya Sidrap, Takalar, Bantaeng dan Pinrang. Bahkan Bantaeng dan Pinrang merebut posisi Ketua DPRD dengan menjadi pemenang di daerah tersebut.

"Suara terbanyak diraih di Kota Makassar dan Kabupaten Pinrang dengan jumlah kursi masing-masing sebanyak lima unit, menyusul Kabupaten Banteng, Takalar dan Sidrap masing-masing empat kursi," katanya.

Sedang daerah lainnya, lanjut dia, mendapat masing-masing tiga kursi yakni Kabupaten Gowa, Jeneponto, Selayar, Bulukumba, Barru, Bone dan Enrekang. Kemudian yang mendapat dua kursi tercatat Kabupaten Maros, Sinjai, Pangkep, Wajo, Tana Toraja, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Parepare.

Daerah yang mendapat hanya satu kursi berdasarkan hasil rapat pleno rekapitulasi suara di kabupaten/kota adalah Kabupaten Soppong dan Kota Palopo. Sedangkan Kabupaten Toraja Utara, PKS tidak mendapatkan kursi sama sekali.

"Untuk perolehan kursi di Senayan, saat ini masih dalam proses rekapitulasi suara di KPUD Sulsel yang dilaksanakan di Hotel Clarion, Makassar," ujarnya. Biqwanto

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024