Makassar (ANTARA Sulsel) - Seluruh mahasiswa Fakultas Teknik Industri, Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI) Makassar diberikan pelatihan Kompetensi Manajemen Halal dan Sistim Sertifikasi Produk Industri Halal.

"Kegiatan pelatihan kompetensi ini diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa terkhusus bagi calon wisudawan Fakultas Teknologi Industri UMI yang berasal dari tiga jurusan, yaitu Teknik Industri, Teknik Kimia dan Teknik Pertambangan," ujar Dekan FTI-UMI Makassar Zakir Sabara H Wata, MT di Makassar, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan pelatihan menjadi kewajiban oleh seluruh calon wisudawan FTI-UMI Makassar yang bekerjasama antara Fakultas Teknologi Industri UMI Makassar dengan Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Sulsel dan Halal Centre UMI.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Pascasarjana UMI diikuti 51 peserta dengan mengahdirkan pemateri dari LPPOM MUI dan Universitas Gaja Mada (UGM) Yogyakarta dan berlangsung pada hari Kamis 24 April 2014

"Kegiatan ini dimaksudkan, agar semua lulusan FTI-UMI minimal memiliki sertifikat kompetensi, sekaligus mengantisipasi era AFTA 2015, dimana persaingan kedepan adalah persaingan kompetensi," katanya.

Zakir mengaku jika kedepannya, lulusan FTI-UMI sebelum sarjana akan dibekali dengan kompetensi keahlian masing-masing jurusan, sehingga Kompetensi Manajemen Halal dan Sistim Sertifikasi Produk Industri Halal akan menjadi kompetensi umum alumni.

Selain hal tersebut, kompetensi seperti ini juga dimaksudkan untuk melengkapi keunggulan lulusan FTI-UMI, dimana UMI adalah satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta yang telah memperoleh Akreditasi Institusi dengan nilai B dari Badan Akreditasi Nasional

"Kompetensi lulusan, dan akreditasi institusi, saat ini menjadi salah satu syarat dalam penerimaan pegawai dan karyawan dihampir semua institusi, sehingga masyarakat harus teliti dan cermat dalam mengarahkan putra-putrinya dalam memilih perguruan tinggi" ungkap ketua Panitia Pelatihan Rahmaniah Malik, MT yang juga Wakil Dekan 2 FTI-UMI.

Para calon wisudawan, setelah mengikuti pelatihan kompetensi, langsung menuju Balla Irate Hotel Pantai Gapura Makassar untuk mengikuti prosesi Yudisium Sarjana, yang juga dihadiri oleh seluruh civitas akademika dan orang tua para calon wisudawan FTI UMI Makassar. Agus Setiawan

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024