Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Hendra Susanto mengatakan setiap pegawai BPK harus dapat memperbaiki persepsi, pola pikir, serta perilaku yang menyimpang dalam melaksanakan tugas dan wewenang untuk mempercepat pemberantasan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Dia menekankan urgensi wawasan kepemimpinan Pancasila dan integritas sebagai landasan bagi para pemimpin di semua tingkatan, khususnya pejabat administrator di BPK, dalam menjalankan tugas maupun tanggung jawab.

"Kita semua harus merefleksikan nilai ideal Pancasila pada nilai instrumental dan praktis. Nilai-nilai Pancasila harus disosialisasikan dan dimasyarakatkan dengan pendekatan edukatif non doktriner,” katanya saat memberikan kuliah umum dalam Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) tahun 2024 di Gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN), dikutip dari keterangan resmi, Jakarta, Kamis.

Hendra menyampaikan lima nilai karakter utama yang bersumber dari Pancasila, yaitu religius, nasionalisme, integritas, kemandirian dan semangat gotong royong yang saling berkaitan satu sama lain, berkembang secara dinamis dan membentuk keutuhan pribadi.

Salah satu nilai karakter dari Pancasila adalah perwujudan karakter integritas. Mengacu Peraturan BPK Nomor 3 Tahun 2016 tentang Kode Etik, BPK mendefinisikan nilai integritas sebagai mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh, dimilikinya sifat jujur, kerasnya upaya, serta kompetensi yang memadai.

"Berdasarkan hal tersebut, maka setiap pegawai pelaksana BPK berkewajiban menumbuhkembangkan nilai-nilai moral dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya yang bersumber pada nilai-nilai Pancasila, agama, etika, dan peraturan perundang-undangan serta standar dan pedoman pemeriksaan," ujar dia.

Melalui PKA, peserta pelatihan diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku manajerial untuk menjamin terwujudnya akuntabilitas jabatan administrator. Pelatihan yang dilaksanakan sejak 3 Juni 2024 sampai dengan 14 Oktober 2024 ini diikuti oleh 13 orang peserta, terdiri atas 12 peserta dari internal BPK dan 1 peserta dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Pewarta : M Baqir Idrus Alatas
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024