Makassar (ANTARA) - Dinas Perdagangan serta Perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar pasar murah dalam rangka menjaga daya beli masyarakat dan menekan inflasi di daerah itu. 

“Hari ini Pemerintah Kabupaten Luwu melalui Dinas Perdagangan mengadakan Operasi Pasar Murah Peduli Rakyat dalam rangka mengendalikan inflasi," kata Pj Bupati Luwu Muh Saleh dalam keterangan persnya yang diterima di Makassar, Senin.

Kegiatan yang dipusatkan di Kantor Desa Lengkong, Luwu ini juga dihadiri oleh Kapolres Luwu AKBP Arisandi dan Dandim 1403/Palopo Letkol Armed Kabit Bintoro Priyambodo, Sekretaris Dinas Perdagangan ST AsrianiEdan Camat Bua Satti Abd Latief.

Ia menjelaskan bahwa Pemkab Luwu menyiapkan sebanyak 200 paket yang tiap paketnya berisi minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 kg, dan terigu 2 kg dengan harga Rp.70 ribu/paket. Beras per karung isi 5 kg dijual dengan harga Rp.50 ribu sedangkan telur ayam ras dijual Rp.40 ribu/rak.

"Semua harga bahan pokok yang dijual ini telah pemerintah daerah subsidi sehingga masyarakat dapat membelinya dengan harganya terjangkau," kata Muh Saleh.

Ia berharap operasi pasar murah ini dapat memenuhi kebutuhan bahan pokok masyarakat sekaligus dapat meringankan beban masyarakat Kecamatan Bua.

Pada kesempatan itu, secara bergantian Pj Bupati Luwu, Kapolres Luwu, Dandim 1403/Palopo dan Camat Bua menyerahkan bahan pokok kepada masyarakat.

Setelah mengunjungi pasar murah, Pj Bupati Luwu kemudian meninjau kegiatan Dinas Dukcapil yang melakukan pelayanan mobile Perekaman KTP elektronik bagi pemula baik di tingkat SMASMK dan masyarakat umum serta Pelayanan Pengaktifan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

“Pelayanan mobile ini sebagai upaya pemerintah Kabupaten Luwu untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Ini bertujuan untuk mempermudah akses masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan terutama bagi anak-anak kita yang baru pertama kali membuat KTP," jelasnya.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024