Makassar (ANTARA Sulsel) - Sekitar 30 perahu tradisional "katinting" mewarnai pelantikan Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto dan Wakil Walikota Syamsu Rizal.

"Kami dari 11 pulau di Makassar, datang beriringan khusus menuju pelantikan wali kota," kata salah seorang pengemudi perahu Daeng Bani di Makassar, Kamis.

Puluhan perahu yang tiba dianjungan Pantai Losari, Makassar berbanjar di bibir pantai, tepat di belakang panggung upacara.

Sementara perahu utama melepaskan petasan keudara sebelum pembukaan rapat paripurna istimewa DPRD Kota Makassar untuk pengambilan sumpah wali kota dan wakil wali kota.

Menurut Bani, masyarakat pulau ingin melihat langsung prosesi pelantikan wali kota dan wakilnya meskipun dari jarak jauh, karena pengamanan sangat ketat.

Sementara itu, sekitar 8.000 undangan sejak pukul 07:00 Wita mulai berdatangan hingga pelaksanaan pengambilan sumpah jabatan.

Selain pejabat Muspida se-Sulsel yang hadir, juga hadir pejabat dari pusat diantaranya Menteri Perindustrian Gita Wiriawan, Menteri Koperasi Syarif Hasan, mantan Dubes Dino Pati Djalal dan mantan menteri perdagang Tanri Abeng.

Sementara Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo hadir bersamaan dengan Ramdhan dan Syamsu Rizal yang akan dilantik, begitu pula mantan wali kota Makassar Ilham, namun mantan wakil walikota Supomo Guntur tidak hadir di lokasi pelantikan. Agus Setiawan

Pewarta : Suriani Mappong
Editor :
Copyright © ANTARA 2024