Makassar (ANTARA) -
Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (DPD AREBI) Sulawesi Selatan Frans Sutanjati mengemukakan bahwa Pemilihan Presiden (Pilpres) yang hanya dilakukan 1 putaran berdampak pada perkembangan properti di Indonesia, khususnya di Sulawesi Selatan.
 
"Pemilihan Umum (Pemilu) satu putaran sangat berdampak positif untuk segala lini, terutama untuk perkembangan properti," kata dia di Makassar, Jumat.
 
Menurutnya Pemilu 1 putaran yang menghabiskan anggaran sekitar Rp50 triliun itu secara langsung berdampak pada investasi para investor di bidang properti yang memungkinkan menunggu hasil Pemilu lebih lama jika terjadi dua putaran.
 
"Dampaknya luar biasa, investor itu mulai mau membeli lagi atau berinvestasi namun waktunya lama lagi untuk merecoveri semuanya, dari segi dana dan dan bentuk investasi yang akan dipilih, khususnya pada sektor properti," urainya.
 
Frans menyebut kendati akan kembali digelar Pemilihan Kepala Daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, namun hal tersebut tidak begitu signifikan mempengaruhi sektoe properti.
 
Dia pun menyampaikan bahwa perkembangan properti di Sulawesi Selatan mengalami sedikit penurunan pada semester pertama tahun ini, namun saat ini bisnis properti kembali menggeliat.
 
Hal itu terbukti melalui kerjasama yang terjalin antara Arebi Sulsel dengan PT Bumi Asri Nusa (KALLA Land) yang ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Makassar, Jumat.
Kemitraan ini adalah langkah strategis yang diambil untuk memperkuat jaringan distribusi Bukit Baruga, melalui kolaborasi dengan 27 agensi properti yang tergabung dalam DPD AREBI Sulawesi Selatan. AREBI sudah ada di 15 provinsi di Indonesia.
 
"Kita tahu bahwa developer di Makassar yang mempunyai township cukup jarang. Township yang dirawat dengan baik, hijau, dan rindang, menurut saya Bukit Baruga adalah one of the best. Kami ditawarkan program-program terbaik dari Bukit Baruga seperti DP ringan dan didukung oleh bank-bank papan atas," urainya.
 
Sinergi ini juga diharapkan mampu meningkatkan penjualan dan memperluas basis pelanggan, meningkatkan efisiensi dan efektivitas pemasaran, serta menawarkan nilai tambah bagi konsumen.
 
Chief Operating Officer KALLA Land M. Natsir Mardan mengatakan bahwa kerja sama ini bertujuan memperkuat distribusi produk properti residensial yang dimiliki Bukit Baruga.
 
"Kerja sama ini merupakan langkah strategis bagi Bukit Baruga untuk memperluas jaringan distribusi dan mempercepat pemasaran produk kami. Kami yakin dengan semakin banyaknya mitra penjualan melalui sinergi bersama AREBI, diharapkan dapat meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar,” ujar Natsir.
 
Natsir juga menambahkan bahwa kerja sama ini diharapkan memberikan manfaat bagi semua pihak yang terlibat, termasuk konsumen yang mendapatkan layanan terbaik.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024