Mamuju (ANTARA Sulbar) - Akademisi dari STIKIP DDI Mamuju, Sulawesi Barat, Ilham Usman S,Fil,M.Si mengatakan daerah itu membutuhkan calon pemimpin yang memiliki visi ramah lingkungan dalam mengelola sumber daya alam.

"Siapapun figur yang akan maju di Pilkada Mamuju tahun 2015, diharapkan mesti bervisi ramah lingkungan mengelola sumber daya alam demi kelangsungan dan kesinambungan masyarakat di daerah," katanya di Mamuju, Senin.

Ilham yang juga mahasiswa S3 Konsentrasi Pemikiran Politik UIN Allaudin Makassar dan Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat Celebes Centre, mengatakan, Mamuju tidak butuh pemimpin perusak lingkungan.

Tetapi kata dia, pemimpin yang dibutuhkan adalah pemimpin yang mampu memanfaatkan sumber daya alam yang tersedia untuk kesejahteraan masyarakat, bukan hanya untuk mencari keuntungan dengan memperkaya diri dengan merusak kekayaan alam.

Menurut dia, sumber daya alam di Mamuju begitu melimpah dan menjanjikan untuk dikelola meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sumber daya alam itu mesti dipelihara kedepan, agar dapat terus dimanfaatkan generasi kita sehingga pemimpin yang mesti lahir adalah pemimpin yang mampu memeliharanya.

Ia mengatakan, pemimpin yang dibutuhkan di Mamuju adalah pemimpin yang mampu komitmen memajukan pendidikan agar sumber daya manusia di Mamuju dapat meningkat dan mampu mengelola sumber daya alam.

"Pendidikan yang maju akan memajukan sebuah negara, sehingga pemimpin yang memperhatikan pendidikan sangat diharapkan karena itu akan membawa bangsa ini cerdas dalam mengelola bangsanya sehingga dapat maju dan berkembang," katanya. M Taufik

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024