Mamuju (ANTARA) - Petani binaan Kodim 1418/Mamuju Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan panen komoditi semangka tiga ton di Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju.

Dandim 1418/Mamuju Letkol Inf Andik Siswanto SIP, MIPol, di Mamuju, Minggu mengatakan, Kodim Mamuju membina petani di Desa Pasa'bu Kecamatan Tapalang Barat Kabupaten Mamuju, dan telah berhasil melakukan panen semangka jenis Golden dan Semangka non biji sebanyak tiga ton.

Semangka tersebut telah dijual dengan harga mencapai belasan juta, sehingga para petani mendapatkan keuntungan meskipun lahan yang dimanfaatkan tidak terlalu luas.

Menurut dia, Kodim Mamuju membina petani untuk mengembangkan tanaman semangka, karena selama ini semangka di Mamuju dipasok dari luar daerah.

"Petani binaan Kodim Mamuju di desa Pasa'bu tersebut, mengembangkan semangka dengan memanfaatkan lahan sawah tadah hujan petani dan hasilnya dapat langsung dipasarkan di Mamuju dan meningkatkan kesejahteraan petani," katanya.

Ia berharap, pembinaan dan pengembangan komoditi tanaman semangka di Pasa'bu itu, dapat menjadi motivasi bagi petani milenial maupun petani lainnya di Mamuju untuk menanam semangka.

"Kodim Mamuju akan terus membantu masyarakat mengembangkan komoditi pertanian rakyat, meskipun dengan lahan pertanian yang terbatas untuk meningkatkan ketahanan pangan dan ekonomi daerah," katanya.

Pewarta : M.Faisal Hanapi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024