Makassar (ANTARA) -
Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Selatan Mohammad Risbiyantoro menyebut bahwa Sulawesi Selatan dikenal sebagai daerah lumbung pangan, sehingga diharapkan daerah itu bisa mempertahankan kekuatan pangan yang dimilikinya.
 
"Fokus pengawasan kita Ketahanan Pangan karena di Sulsel ini kan lumbung pangan ya, kami berharap bahwa bisa dipertahankan. Kemudian inflasi, kami juga berharap prestasi yang sudah dicapai oleh Sulsel ini tetap bisa dipertahankan," kata dia saat melakukan pertemuan dengan Sekda Provinsi Sulsel di Makassar, Selasa.
 
Pada pertemuan dengan Sekda Provinsi Sulsel, BPKP Sulsel menyerahkan laporan rutin ikhtisar hasil pengawasan yang dilakukan BPKP Sulawesi Selatan dan telah melakukan ringkasan selama satu semester terkait program pemerintah provinsi yang telah berjalan.
 
Salah satu yang menjadi fokus pengawasan BPKP pada semester satu yakni sektor ketahanan pangan.
 
Risbiyantoro juga menyampaikan bahwa pihaknya turut mengawasi inflasi. Prestasi Pemprov Sulawesi Selatan terkait inflasi diharapkan bisa dipertahankan.
 
"Laporan yang kita serahkan berupa ringkasan selama satu semester, termasuk saran-saran kepada Pemprov misalnya rekomendasi serta perbaikan terhadap mungkin permasalahan-permasalahan yang terjadi selama satu semester ini," jelasnya.
 
Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Andi Darmawan Bintang mengatakan, kehadiran BPKP untuk menyampaikan laporan hasil pengawasan terhadap program Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam satu semester pada tahun ini.
 
"Pada intinya ada lima sektor yang tetap dalam bantuan pengawasan, seperti inflasi, kemiskinan ekstrem, stunting, pendidikan, dan kesehatan," katanya.
 
Ia mengungkapkan, pengawasan yang dilakukan oleh BPKP sangat membantu pemerintah untuk melakukan perbaikan dan melakukan akselerasi terhadap pengamanan program pemerintah, khususnya dari lima sektor tersebut.
 
"Tapi yang jelas tim (BPKP) ini melihat atau meninjau bagaimana kebijakan dan juga dilaporkan bagaimana hal hal yang sudah berjalan sekarang, mungkin kalau ada kekurangan diperbaiki, ada yang sudah jalan tapi masih mau di akselerasi akan diberikan rekomendasi," urainya.
 
 

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024