Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengprov Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulawesi Selatan menetapkan sebanyak delapan atlet terbaiknya menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Renang Kelompok Umur (KU) di Jakarta, 22-24 Mei 2014.

Ketua Harian PRSI Sulsel Abdul Muin, di Makassar, Senin, mengatakan delapan atlet tersebut yakni Muhammad Alamsyah, Rezkyanto, Andi Ekosaputra, Muhammad Fadhil, Nurhaliza Harry, Wanda Agustina, Siti Nurhaliza, dan Niken Yuniarti.

"Delapan atlet ini memiliki potensi untuk memberikan prestasi. Seluruh atlet juga telah mempersiapkan diri sejak dini sehingga kita harapkan bisa lebih bersaing di Kejurnas," jelasnya.

Pada seleksi melalui Kejuaraan Renang Antar perkumpulan Daerah (KRAPDA) di Kolam Renang Mattoanging Makassar, 4-5 April 2014, sebanyak 10 perenang dinyatakan lolos seleksi. Namun karena beberapa hal termasuk kesiapan anggaran sehingga hanya mengakomodir delapan perenang.

Kewenangan penentuan atlet diambil Ketua PRSI Sulsel Unggul Attas. Seluruh atlet direncanakan bertolak ke Jakarta, 21 Mei 2014.

"Kami tentu berharap seluruh atlet yang diberangkatkan bisa membuktikan dirinya layak memperkuat Sulsel. Kami juga minta atlet bisa mengeluarkan kemampuan terbaik seperti saat latihan," katanya.

Pelatih Renang Sulsel Andre Sentosa, juga mengakui delapan atlet memiliki potensi dan pengalaman disejumlah kejuaraan baik lokal ataupun nasional.

Salah satunya yakni Alamsyah sebagai peraih lima medali emas di Kejurnas KU di Mataram, NTB 2013. Saat itu Alamsyah sukses mempersembahkan lima medali emas melalui nomor 100m gaya punggung, 200m gaya punggung, gaya bebas 50m, serrta gaya ganti nomor 400m putra kategori kelompok umur.

Selain itu, Alamsyah juga berhasil merebut satu medali emas pada Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia (KRAPSI) Jakarta 2013.

"Mudah-mudahan pada Kejurnas 2014 ini kembali mampu menunjukkan kemampuan terbaiknya. Meski tidak mudah,namun kita tetap optimistis bisa meraih hasil terbaik," ujarnya.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, mengatakan renang merupakan salah satu cabang olahraga andalan menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat, 2016.

Untuk itu diharapkan agar Pengprov PRSI Sulsel lebih fokus dalam mempersiapkan diri. Salah satunya dengan secara rutin melibatkan atletnya di Kejuaraan nasional. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024