Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meminta kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) setempat menyiapkan anggaran untuk berbagai kegiatan olahraga yang bisa menjadi wadah penyaluran energi pemuda untuk hal positif.

"Kita perbanyak event-event (kegiatan) olahraga yang melibatkan banyak pemuda. Energi anak-anak remaja atau pemuda ini perlu disalurkan di jalur yang tepat dan mendapatkan dukungan masyarakat maupun pemerintah," ujarnya di Makassar, Jumat.

Danny --sapaan akrab Ramdhan Pomanto-- itu mengungkapkan sejak dirinya menjabat Wali Kota Makassar cukup banyak kegiatan kepemudaan dan olahraga yang telah dilaksanakan, seperti Golo Rong (sepak bola lorong) yang dilaksanakan di setiap kecamatan dan kelurahan.

Selain itu, olahraga lari, bulutangkis, basket, dan sofbol yang semuanya merupakan kegiatan dari Dispora Makassar dengan memperebutkan Piala Wali Kota Makassar.

Untuk kegiatan olahraga lanjutan, seperti tenis, baru akan diselenggarakan pada 2025 dengan membuat agenda Tenis Wali Kota Cup 2025.

"Nanti kita buat Wali Kota Cup tahun depan. Kita buat antarkecamatan," katanya.

Pada kesempatan yang sama dan di hadapan Pj Gubernur Sulsel Zudan Arif Fakrulloh, dia secara langsung meminta Plt Dispora Kota Makassar untuk menganggarkan kegiatan level kota ini.

Dia menjelaskan energi anak muda di Sulsel perlu disalurkan sehingga olahraga menjadi sarana penyaluran.

Hal itu, lantaran makanan khas Sulsel juga Makassar memiliki banyak protein sehingga besarnya energi itu mesti disalurkan, salah satunya melalui olahraga tenis.

"Insyaallah kita buat ini berjenjang, antarkecamatan," ucapnya.

Di samping itu, wali kota dua periode ini berterima kasih kepada Pelti karena memanfaatkan Karebosi dengan baik.

"Sebagai olahragawan dan pengurus olahraga kami sangat respect bahwa fasilitas kota dimanfaatkan dengan baik untuk menyalurkan bakat anak-anak muda," ujar Danny.

Wali kota berlatar belakang pendidikan arsitektur ini juga memastikan tahun depan lapangan terbuka untuk tenis sudah ada.

Semuanya terakomodir dalam Makassar Core City Arena atau Macca.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024