Makassar (ANTARA) -
Wali Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Moh Ramdhan Pomanto mengingatkan semangat kolaborasi pada peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 RI yang berlangsung di Anjungan City Of Makassar, Sabtu.
 
"Ini bermakna mari bersatu menanggalkan perbedaan dengan semangat persatuan 79 tahun Indonesia dan berkolaborasi secara inklusif untuk menciptakan Kota Makassar yang harmonis, maju, adil, dan makmur," kata Danny Pomanto, sapaan Wali Kota Makassar itu.
 
Pada peringatan HUT kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengusung tema 'Bersatu untuk Semua".
 
Bertindak sebagai pembina upacara, Wali Kota Makassar Danny Pomanto dan dalam sambutannya menyampaikan bahwa tema ini bermakna sebagai momen untuk bersatu di tengah banyaknya perbedaan.
 
Dalam menvisualisasikan tema tersebut, lanjutnya, pemkot telah menyiapkan dua Kapal Pinisi Adama dan Tungguma yang menjadi kebanggaan Kota Makassar untuk membentangkan 79 Bendera Merah Putih yang masing-masing berukuran 100 meter.
 
Danny Pomanto mengatakan peringatan HUT RI ke-79 secara nasional mengusung tema "Nusantara Baru Indonesia Maju" di mana tersirat harapan dan impian untuk terus melangkah maju menuju masa depan yang lebih cerah.
 
Dia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi aktif dalam pembangunan bangsa melalui semangat gotong royong dan inovasi. Indonesia, kata dia, diharapkan dapat menghadapi tantangan global dan memanfaatkan peluang di era digital dengan lebih baik.
 
Nusantara Baru, kata Danny Pomanto, mengacu pada visi Indonesia di dalam membangun identitas nasional yang lebih kuat dan bersatu, serta menegaskan peran penting Indonesia di kancah global.
 
Sedangkan Indonesia Maju, lanjut dia, menekankan tekad bangsa untuk terus berkembang di berbagai aspek. Baik ekonomi, sosial, dan teknologi.
 
Lebih lanjut, Danny Pomanto menyebutkan bahwa peringatan HUT ke-79 RI ini berbeda karena bersamaan dengan tiga momentum penting, yakni menyongsong ibu kota baru, yang tahun ini pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN), perpindahan tongkat estafet kepemimpinan presiden, dan Indonesia Emas 2045 yang merupakan visi besar yang dicanangkan Pemerintah Indonesia.
 
"79 tahun Indonesia merdeka ini menjadi momentum yang sangat spesial. Pertama kita menyambut pemimpin baru yaitu Prabowo-Gibran. Kedua, kita menyambut Nusantara baru. Saya kira dua momen itu menjadi momen yang luar biasa. Ketiga, adalah menyambut Indonesia Emas 2045," ujarnya.

Pewarta : Nur Suhra Wardyah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024