Gowa (ANTARA) - Bupati Gowa Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan mengapresiasi KPU setempat yang sukses menggelar Fun Run Pilkada (Paraga) Rakyat Gowa 2024 yang diikuti puluhan pelari.

“Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan salah satunya diterapkan KPU Gowa melalui Fun Run Pemilu Rakyat Gowa,” ujarnya di Gowa, Minggu.

Adnan mengatakan, sosialisasi yang diselenggarakan KPU Gowa melalui olahraga lari sudah cukup mengajak pemilih untuk menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara (TPS) pada 27 November 2024.

“Kami mengapresiasi terselenggaranya Fun Run ini , menurutnya hal ini Salah satu cara untuk menyosialisasikan pesta tersebut adalah pemilihan bupati yang demokratis yang akan dilaksanakan pada bulan November nanti,” tuturnya.

Adnan menjelaskan, pemilu serentak mendatang merupakan sejarah baru. Pemilu serentak kali ini dilaksanakan secara serentak dimulai dari pemilihan gubernur, bupati, dan walikota dalam satu hari pada bulan dan tahun yang sama.

Oleh karena itu, dia meminta seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Gowa mensukseskan pemilu mendatang.

“Mari kita sukseskan Pilkada Kabupaten Gowa mendatang, dengan meningkatkan jumlah partisipasi pemilih. Alasan suksesnya pemilu adalah tingginya angka partisipasi pemilih,” ujarnya.

Lanjutnya, Kabupaten Gowa telah menorehkan sejarah dalam penyelenggaraan pemilu. Pertama, pada tahun 2015 satu-satunya calon independen dari beberapa daerah pemilihan di Sulsel yang memenangkan pemilu hanya di Kabupaten Gowa.

Kedua, pada pemilu 2020, meski menjadi calon tunggal dan didukung semua partai, namun partisipasi pemilih di Kabupaten Gowa menduduki peringkat ketiga tertinggi di Indonesia, yaitu mencapai 80 persen.

“Saya berharap pemilu yang akan datang lebih sukses, berjalan lancar dan aman dibandingkan pemilu-pemilu sebelumnya dan kita berharap siapa pun yang maju sebagai calon Bupati Gowa, mampu melanjutkan semua pembangunan yang telah kita lakukan hari ini, sehingga semoga Kabupaten Gowa menjadi lebih baik dan sejahtera dan Insya Allah kedepannya akan lebih baik lagi,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut pula Bupati Gowa menyampaikan terima kasih atas segala doa dan dukungan masyarakat Kabupaten Gowa selama menjabat sebagai bupati.

“Terima kasih banyak atas doa, dukungan dan bantuan kami. Lebih dari 8 tahun saya menjabat Bupati Kabupaten Gowa, apabila ada kekurangan, kesalahan kata dan perbuatan mohon dimaafkan. Saya hanya manusia biasa yang pasti tidak lepas dari kesalahan tapi yakin dan percaya hati, pikiran saya hanya untuk Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Sementara Ketua KPU Gowa, Fitra Syahdanul menjelaskan, kegiatan sosialisasi yang digelar dalam bentuk Fun Run Paraga ini merupakan wujud upaya maksimal KPU untuk mencapai partisipasi pemilih di atas 80 persen pada pemilu 2024.

“Konsep ini kami bangun karena kebersamaan. Bayangkan saja karakternya harus selalu kompak dan bekerja sama, jika ada yang mendominasi salah satunya maka tidak akan bisa bermain dengan baik. Oleh karena itu, konsep karakter ini kami kembangkan bukan karena siapa yang terbaik dan bukan yang terbaik, melainkan siapa yang paling bisa bersatu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Paraga Fun Run ini diikuti lebih dari 800 pelari dari berbagai komunitas. Doorprize kegiatan yang diberikan berupa 1 unit motor listrik, 1 unit TV 32 inch dan beberapa hadiah hiburan.

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024