Makassar (ANTARA Sulsel) - Persaudaraan Olahraga Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi) Sulawesi Selatan menyiapkan enam atlet menghadapi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Kempo antar Kota di Surabaya, 23-24 Agustus 2014.

Sekretaris Umum Perkemi Sulsel Bonay Syam, di Makassar, Senin, mengatakan atlet itu terdiri dari tiga putra dan putri. Untuk putra akan diturunkan pada nomor randori 60kg, 65kg, serta 70 kg. Sedangkan putri akan mengikuti kelas 45kg, 48kg, 51 kg.

"Jumlah atlet kita sesuaikan dengan nomor yang dipertandingkan di PON. Kami belum menetapkan siapa saja atlet yang tampil karena masih akan melihat perkembangan dan kondisi terakhir dari setiap atlet," jelasnya.

Terkait peluang tiga mantan pelatnas SEA Games Myanmar 2013 untuk kembali memperkuat Sulsel, pihaknya belum bisa memastikan. Apalagi atlet yang bersangkutan dikhawatirkan tidak dapat memperkuat Sulsel seperti Ronald Huyanto dan Dian Pertiwi.

Usia Ronald Huyanto, menurut dia, yang tidak muda lagi menjadi salah satu alasan. Apalagi pihaknya belum mengetahui batasan usia yang akan diterapkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar 2016.

Sedangkan Dian Pertiwi, kata dia, kemungkinan tidak bisa memperkuat Sulsel karena baru saja menjalani operasi yang oleh dokter diharuskan beristirahat selama enam bulan.

"Hanya Ade Irma yang paling berpeluang kembali memperkuat Sulsel. Kami juga sudah menyiapkan beberapa atlet untuk mengisi posisi Ronald dan Dian. Waktu yang tersisa ini juga akan kami manfaatkan untuk mematangkan kemampuan atlet agar bisa bersaing di kejurnas," katanya.

Terkait kemungkinan absennya dua atlet andalan Sulsel itu, Pengprov Perkemi Sulsel mengaku tidak terlalu khawatir. Sebab Sulsel memiliki banyak atlet yang cukup ptensial memberikan prestasi terbaik bagi daerah.

Pembinaan atlet serta agenda kejuaraan yang lebih rutin digelar, lanjut dia, juga membuat kualitas dan pengalaman atlet semakin meningkat.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Sulsel Nukhrawi Nawir, menjelaskan bahwa kempo merupakan salah satu cabang andalan Sulsel di PON Jabar 2016. Keterlibatan atlet di kejurnas juga diharapkan semakin meningkatkan jam terbang atlet sebelum berlaga di Pra PON 2015 dan PON 2016.

KONI Sulsel juga berharap prestasi kempo di PON Riau 2012 bisa lebih ditingkatkan. Apalagi Sulsel telah menargetkan bisa merebut 50 medai emas pada PON Jabar 2016. Agus Setiawan

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024