Mamuju (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sulawesi Barat (Polda Sulbar) menggelar pelatihan sekaligus mengoptimalkan fungsi Regional Traffic Management Center (RTMC) sebagai upaya mewujudkan kesadaran berkendara kepada masyarakat di daerah itu.

"Hari ini seluruh personel Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) dan Satuan Lalu Lintas dari seluruh polres di Sulbar mengikuti pelatihan RTMC yang menghadirkan narasumber dari Korlantas Polri," kata Dirlantas Polda Sulbar Komisaris Besar Polisi Velentinus Virasandy Asmoro, di Mamuju, Selasa.

Sistem RTMC, kata Dirlantas, merupakan transformasi digital yang sejalan dengan amanah Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik.

Menurut dia, pelatihan RTMC ini untuk memberdayakan dan mengoptimalkan fungsi RTMC karena masih minim tingkat kesadaran berlalu lintas di wilayah Sulbar.

Hal tersebut juga, kata dia, sebagai upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) dan penegakan hukum secara elektronik serta humanis melalui pengelolaan RTMC.

"Permasalahan bidang lalu lintas saat ini berkembang dengan cepat dan dinamis sebagai konsekuensi meningkatnya kebutuhan bermotor dan mobilitas untuk menunjang kebutuhan hidup, sehingga dibutuhkan kemampuan personel untuk mengelola RTMC," ujarnya.

Dengan hadirnya RTMC dan pemanfaatan fungsinya, kata Velentinus, akan menjadi wajah baru dalam mengelola sistem keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Sulbar.

"Bersamaan itu juga diharapkan terciptanya kondisi arus lalu lintas yang kondusif. Penegakan hukum secara elektronik dan humanis akan tercapai dengan maksimal melalui sumber daya manusia yang memiliki kompetensi pada bidang RTMC," ujarnya.

Pada pelatihan tersebut, kata dia, seluruh personel Ditlantas Polda Sulbar dan personel Satuan Lalu Lintas dari seluruh polres di Sulbar sangat antusias mengikuti pelatihan RTMC guna meningkatkan kemampuan SDM demi memaksimalkan upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

Pewarta : Amirullah
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024