Mamuju (ANTARA) - Polda Sulawesi Barat melalui Biro Sumber Daya Manusia (SDM) menggelar pembinaan personel sebagai upaya memperkuat strategi pada penanggulangan radikalisme dan intoleran di daerah itu.

"Pembinaan personel ini sebagai upaya memberikan pemahaman kepada personel Polri dalam memperkuat penanggulangan radikalisme dan intoleran," kata Kepala Bagian Pengendalian Personel (Kabagdalpers) Biro SDM Polda Sulbar Ajun Komisaris Besar Polisi Harry Andreas, di Mamuju, Jumat.

Pembinaan personel dengan tema 'Penanggulangan Radikalisme dan Intoleransi di wilayah Sulbar' itu juga dihadiri Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Sulbar, Aspidum Kejati Sulbar, perwakilan dari BIN Daerah Sulbar serta seluruh bintara remaja sebagai peserta.

Pada kegiatan itu, Ketua FKPT Sulbar membawakan materi paradigma deradikalisasi dan sikap toleransi kemudian Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Kejati Sulbar dengan materi aspek hukum serta pembuktian perkara tindak pidana terorisme.

Kemudian, dari perwakilan BIN Daerah Sulbar membawakan materi tentang peran BIN dalam pencegahan paham radikalisme dan sikap intoleransi.

Harry Andreas menyampaikan, pembinaan personel tersebut sangat penting sebagai komitmen bersama untuk melawan dan menolak paham radikalisme dan intoleransi yang dapat melemahkan ideologi dan dasar negara.

"Oleh karena itu, strategisnya Pancasila dalam menopang kokohnya NKRI, perlu menjadi fokus perhatian bersama, karena Polri merupakan ujung tombak dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta menjamin tegaknya hukum," terang Harry Andreas.

Ia berharap kepada seluruh Bintara remaja yang menjadi peserta pada pembinaan personel itu, dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan serius.

"Jangan malu bertanya saat ada hal-hal yang belum dipahami sehingga pengetahuan strategi penanganan terorisme dan intoleransi lebih luas lagi, sebagai langkah sistematis melawan berkembangnya pemikiran radikal dan mencegah terorisme di lingkungan Polri," jelas Harry Andreas.

Pewarta : Amirullah
Editor : Redaktur Makassar
Copyright © ANTARA 2024